Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Jembatan Brawijaya Kota Kediri Alami Kebakaran

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

10 - Jun - 2024, 09:51

Placeholder
Tampak kepulan asap berwarna hitam dari bagian penyangga jembatan Brawijaya Kota Kediri. (Foto: TikTok dan Instagram)

JATIMTIMES - Jembatan Brawijaya yang terletak di Kota Kediri, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin (10/6/2024). Situasi kebakaran itu diunggah di media sosial platform Instagram @kawankediri pada Senin (10/6/2024) pagi. 

Dalam unggahan yang dibagikan tampak api besar melalap bagian kiri penyangga jembatan. Terlihat juga beberapa puing-puing bangunan jembatan yang terbakar jatuh di sungai. Dalam video tersebut, perekam menduga jika ada korsleting listrik yang terjadi sehingga menyebabkan jembatan mengalami kebakaran. 

Baca Juga : Kerusuhan di Karaoke Sukorejo Blitar: Diduga Akibat Salah Paham dengan LC

"Konslet paling, njerone kan ono listrike, lah ngunu kan iso konslet," ungkap perekam video. 

Sementara itu, dalam caption keterangan video dijelaskan bahwa kebakaran Jembatan Brawijaya adalah info terkini. Diduga terjadi pada Senin (10/6) pagi ini. 

"Informasi terkini, Jembatan Brawijaya Kota Kediri terbakar," tulis keterangan @kawankediri sekira pukul 09.00 WIB. 

Dalam video lainnya di TikTok @kediripride tampak kepulan asap tebal berwarna hitam pada penyangga jembatan kiri. Meski begitu terlihat masih banyak pengendara yang melintas di area tersebut. Hingga berita ini ditulis, media ini masih berupaya mengonfirmasi kebenaran unggahan yang ramai di media sosial tersebut. 

Untuk diketahui, Jembatan Brawijaya adalah sebuah jembatan di Kota Kediri yang membentang di atas Sungai Brantas. Jembatan ini merupakan penghubung daerah timur sungai dan barat sungai, untuk mengurangi kemacetan dan menggantikan fungsi dari Jembatan Lama Kediri. Jembatan Brawijaya ini menghubungkan dua kecamatan di Kota Kediri, yakni Kecamatan Kota dan Kecamatan Mojoroto.

Baca Juga : Batik Tempe Desa Beji Kota Batu Segera Dapat Hak Paten

Jembatan Brawijaya dibangun di sebelah Jembatan Brug Over Den Brantas Te Kediri atau sering disebut dengan Jembatan Lama Kediri yang telah berusia 150 tahun sejak 18 Maret 1869. Kini Jembatan Brawijaya dijadikan salah satu ikon Kota Kediri. Di bawah Jembatan Brawijaya dibangun taman kota yang diberi nama Taman Brantas. Sejak 24 Desember 2018, Jembatan Brawijaya mulai mengambil alih fungsi dari Jembatan Lama Kediri yang letaknya hanya beberapa meter di sisi utara Jembatan Lama. 

Jembatan Brawijaya memang sejak awal dibangun untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Jembatan Lama yang tergolong sempit. Proses pengerjaan Jembatan Brawijaya juga sempat mangkrak beberapa tahun akibat kendala biaya dan kasus korupsi hingga akhirnya diresmikan oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar pada 18 Maret 2019 atau bertepatan dengan 150 tahun sejak dibukanya Jembatan Lama Kediri.


Topik

Peristiwa jembatan brawijaya kota kediri kebakaran jembatan brawijaya kediri terbakar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana