Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Emak-Emak Kembali Berulah, Berkendara Melawan Arus di Jalan Raya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

09 - Jun - 2024, 12:10

Placeholder
Emak-emak yang melawan arus. (Foto dari suara.com)

JATIMTIMES - Aksi berbahaya saat berkendara yang dilakukan  “ras terkuat di Bumi” alias emak-emak viral di media sosial. Aksi berbahaya itu tidak lain adalah emak-emak yang nekat melawan arus. 

Video rekaman yang memperlihatkan aksi berbahaya yang dilakukan  emak-emak itu dibagikan oleh akun X @pa_C1. Dalam video yang dibagikan, terlihat  emak-emak menaiki motor matik menggunakan daster dan hijab hitam.

Baca Juga : Horor, Masuk Tol Sawojajar Tiba-Tiba Tersesat di Hutan Pacet Mojokerto

Berkendara emak-emak tersebut sekilas biasa. Dia memacu di sisi tengah jalan. Namun setelah diamati, ternyata emak-emak itu melawan arus.

Melihat aksi berbahaya yang dilakukan oleh emak-emak iti, seorang perekam kemudian meneriaki ibu tersebut bahwa yang dilakukannya berbahaya.

"Woi Woi, bahaya woi," terdengar suara seorang pria meneriaki ibu-ibu tersebut seperti dikutip pada Minggu (9/6/2024).

Bukannya berganti jalur, emak-emak tersebut tetap melanjutkan perjalanannya. Emak-emak tersebut juga tak membelokkan motornya untuk masuk ke jalur semestinya.

Tidak disebutkan kejadian tersebut berlokasi di mana. Selain itu, video tersebut telah hilang dari unggahan akun tersebut.

Meski demikian, video tersebut dibanjiri komentar warganet. Tak sedikit dari mereka yang hafal dengan kebiasaan yang dilakukan para emak-emak Indonesia. 

"Ini klo sampe ada yg nabrak dr depan siap2 aja diomelin knp melawan arah jalur yg dia buat.. sekuat itu loh emak2 indo guys..," komen akun @zic****.

"Kata mak nya ngapain gue diatur orang gue juga bayar pajak," ujar akun @HanifHa8***.

Sementara warganet lainnya menyarankan agar tindakan berbahaya seperti video tersebut tidak dibiarkan dan sebaiknya diberikan efek jera. 

"Pembiaran yg jdi kebiasaan yg sangat membahayakan pengguna jln lain

Hrs ada sangsi hukum yg tegas untk hal smcam ini," saran akun @sedul*****.

Bahaya Bawa Motor Lawan Arus

Baca Juga : 10 Serial Terbaik di Netflix Awal Juni, The Atypical Family Segera Tamat

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut beberapa risiko bawa motor dengan melawan arus:

1. Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Bahaya pertama dan pasti mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tentunya hal ini sangat membahayakan baik bagi diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.

Melawan arus tentunya akan beresiko terjadinya benturan sesama pengendara. Salah-salah nyawa menjadi taruhannya. Jelas melawan arus adalah sesuatu hal yang fatal.

2. Menjadi Tersangka dan Disalahkan

Selanjutnya bahaya lainnya adalah Anda yang berkendara dengan melawan arus tentunya menjadi tersangka utama dan menjadi orang satu-satunya sebagai yang disalahkan.

Meski tidak menutup kemungkinan, yang menabrak misalnya bukan Anda tapi yang lain, tetap saja Anda menjadi salah karena melawan arus.

3. Terancam Pidana dan Kurungan Penjara

Nah jika sudah terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor yang lawan arus dan menyebabkan adanya korban jiwa, maka pengendara yang melawan arus bisa dipidanakan.

Adapun pidana pasal 310 UU Lalu Lintas, juga dapat dikenai kurungan penjara paling lama enam bulan penjara.


Topik

Peristiwa Aksi emak-emak video viral emak-emak naik motor melawan arus



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy