Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Kasus Curanmor Naik di Kota Malang, Kecamatan Ini Rawan

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

07 - Jun - 2024, 18:43

Placeholder
Kendaraan yang berhasil diamankan Polresta Malang Kota. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Malang meningkat pada bulan Mei 2024 sebanyak 40 laporan. Kasus ini tinggi dibandingkan pada April 2024 hanya 29 laporan curanmor.

Dari data Satreskrim Polresta Malang Kota tercatat ada 40 laporan curanmor di seluruh wilayah Kota Malang. Dari angka itu, hanya 25 laporan yang diselesaikan polisi. Sementara pada bulan April, dari 29 laporan tersisa 10 kasus yang belum diselesaikan. “Selisih yang ada antara jumlah laporan, kasus yang selesai, serta jumlah pelaku yang tertangkap terbilang tinggi,” kata Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga : Miras Ilegal Masih Marak Beredar di Kota Batu, Penjual Bisa Disanksi Tipiring

Hal itu dikarenakan seorang pelaku dapat mencuri lebih dari satu motor. Artinya pada beberapa laporan kasus curanmor tidak menutup kemungkinan pelakunya adalah orang yang sama.

Melihat beberapa kasus curanmor yang sempat dirilis Polresta Malang Kota pada April 2024, tersangka merupakan satu grup. Dalam satu grup terdiri 4 orang itu punya perannya masing-masing untuk melancarkan aksi.

Mulai dari satu pelaku bertugas melihat lokasi yang pas dijadikan target. Pelaku lainnya ada yang bertugas mengeksekusi sepeda motor hingga melihat lokasi selama aksi berlangsung. Sebab mereka punya batas waktu untuk melancarkan aksinya kurang lebih selama satu menit. Jika melebihi itu, aksinya dipastikan gagal.

Beberapa saat lalu salah satu pelaku curanmor mengaku untuk melangsungkan aksinya memilih kriteria yang jadi sasaran empuk. Yakni lokasi parkiran rumah kos, pemukiman serta tempat parkir hotel.

Danang menambahkan, daerah rawan yang kerap jadi sasaran pelaku curanmor ada di Kecamatan Lowokwaru. Bukan tanpa alasan, Lowokwaru dinilai strategis sebab menjadi pusat daerah kos bagi mahasiswa.

Baca Juga : Harga Gabah Kering Panen di Tingkat Petani Jatim Mei 2024 Naik 8,92 Persen

Selain itu, seringkali daerah tersebut cenderung sepi pada beberapa waktu, seperti siang dan malam hari yang mendukung kelancaran aksi pencurian. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, kalau bisa amankan kendaraan denga kunci ganda,” imbau Danang kepada JatimTIMES.

Beragam upaya pun terus dilakukan demi menekan angka curanmor di Kota Malang. Mulai dari melakukan patroli oleh anggotanya hungga memasang banner himbauan waspada curanmor di seluruh wilayah. 


Topik

Hukum dan Kriminalitas danang yudanto kota malan curanmor



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya