Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Begini Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tidak Cepat Bau

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Jun - 2024, 06:47

Placeholder
Ilustrasi daging kurban. (Foto dari Liputan6)

JATIMTIMES - Hari raya Idul Adha yang biasa disebut sebagai Hari Raya Kurban identik dengan penyembelihan hewan berupa sapi, kambing, domba dan hewan lainnya. 

Daging hewan kurban sendiri nantinya akan dibagikan kepada masyarakat. Daging kurban yang telah diterima bisa disimpan di dalam kulkas jika tidak ingin langsung dimasak.

Baca Juga : Tersangka Izin Sewa Rumah untuk Produksi Permen, Ternyata Dijadikan Pabrik Miras Ilegal

Cara menyimpan daging kurban di kulkas tidaklah sulit. Daging mentah dapat bertahan dalam jangka waktu lama jika disimpan di dalam kulkas terlebih di freezer. Daging sapi atau kambing memiliki daya tahan yang berbeda dengan daging ayam. Daging sapi atau kambing bisa disimpan di freezer dengan suhu di bawah -18 derajat Celcius selama maksimal 6 hingga12 bulan.  

Namun sebelum membekukannya, ada baiknya Anda memasukkan daging mentah yang sudah dicuci bersih ke dalam plastik kedap udara, sebelum membekukannya. 

Lantas bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap awet dan tidak menyebabkan bau tak sedap?

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Nah, berikut ini cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar sebagaimana dihimpun detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Jangan Mencuci Daging

Banyak orang yang mencoba mencuci daging segar sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena justru dapat membuat daging menjadi tidak awet.

Mencuci daging mentah berpotensi akan mengundang bakteri dari air masuk ke dalam daging. Selain itu, air yang tercampur dalam daging berpotensi membuat perubahan rasa pada daging.

2. Potong dan Sortir Daging Menjadi Ukuran Kecil

Daging yang ingin disimpan dalam kulkas sebaiknya dipotong-potong dalam ukuran yang kecil-kecil. Hal ini agar lebih mudah dan praktis saat ingin diolah.

Sebaiknya potong daging dan bagi-bagi tempatnya untuk kebutuhan sekali masak. Sehingga kesegaran daging tetap terjaga.

Jika daging tidak dipotong-potong maka akan lebih sering keluar masuk kulkas setiap ingin dipakai. Hal itu akan membuat daging lebih mudah terkontaminasi bakteri.

3. Marinasi Daging Terlebih Dahulu

Baca Juga : Ketua MUI Glagah Mengajak Umat Islam untuk Peduli dan Mengamalkan Perintah Qurban

Sebagian orang juga memilih untuk melakukan marinasi daging kurban dengan garam terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini bisa membantu kualitas daging menjadi lebih terjaga.

4. Gunakan Wadah Penyimpanan Kedap Udara

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar selanjutnya adalah menyimpannya dalam wadah penyimpanan tertutup.

Jangan simpan daging dalam kondisi terbuka begitu saja ke dalam kulkas. Selain tidak sehat, cairan daging yang merembes juga bisa mengenai bahan makanan lain yang ada di dalam kulkas.

5. Tulis Label dan Tanggal Penyimpanan Daging

Selain menyortir daging kurban dalam kemasan sekali masak, sobat JatimTIMES juga dapat memberikan label dan tanggal penyimpanan pada wadah penyimpanan daging.

Hal ini tentu berguna agar dapat mengetahui mana daging yang sebaiknya digunakan terlebih dahulu. Dalam hal ini JatimTIMES perlu menggunakan prinsip "first in, first out".

6. Simpan Daging di Dalam Freezer

Agar daging kurban bisa bertahan lama, simpanlah daging di dalam freezer, bukan di chiller. Selain lebih aman juga menjaga agar daging tidak mencemari makanan lain yang ada di dalam kulkas.

Mengutip dari laman University of Illinois, bakteri pembusuk pada makanan akan tumbuh pada suhu 21°C hingga 38°C. Sehingga agar bisa bertahan lama daging perlu disimpan di dalam suhu 1°C - 4°C.


Topik

Serba Serbi Daging Kueban mengolah daging kurban menyimpan daging kurban idul kurban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni