Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya

Lagi Ramai, Cuitan #CrazyPoorAsians Jadi Ruang Curhat Hingga Sentilan Politik

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

18 - Sep - 2018, 06:46

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

MALANGTIMES - Di tangan masyarakat Indonesia, segala peristiwa bisa diotak-atik sedemikian rupa. Dari masalah politik, agama, budaya maupun berbagai hal yang lagi booming di jagad dunia maya. Contohnya adalah film Crazy Rich Asians, sebuah film yang mengisahkan cinderella di era modern. 

Boomingnya film tersebut dan menempati posisi trending topik di berbagai medsos, khususnya di lini masa Twitter, terlihat dari munculnya berbagai tagar sejenis yang meramaikannya. Seperti #CrazyRichSurabayan, #CrazyRichKalimantan dan yang terakhir adalah #CrazyPoorAsians.

Tagar terakhir inilah yang merupakan "kecerdasan" warganet Indonesia. Berani mengolok-olok diri sendiri sambil sesekali menyentil kaum borju yang meniru plek film Crazy Rich Asians. 

#CrazyPoorAsians pun menjadi trending topic di Twitter dan nangkring di posisi kedua dengan cuitan sebanyak 40,7 ribu sejak kemarin, Senin (17/9/2018). Tagar tersebut mencuri perhatian warganet karena merupakan curhatan mengenai kondisi mereka sebagai 'masyarakat biasa'. Tapi, tidak terjebak pada kecengengan atau menimbulkan belas kasihan. Kebalikan, cuitan warganet tersebut mengundang tawa sekaligus berisikan satir terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat Indonesia. 

@nafikula menulis, "#CrazyPoorAsians ini bukti kehebatan orang Indonesia. Penderitaan dan kemiskinan itu diketawain. Jd kita bkn bangsa yg lemah. Heuheuheu, ". 

Cuitan akun tersebut terlihat dari linimasa Twitter yang MalangTIMES rangkum dengan cara 'mengabaikan' tulisan yang setema. 

Misalnya mengenai kehidupan saat masa kuliah atau pun awal diterima kerja nun jauh dari orang tua serta uang bulanan benar-benar wajib diirit agar bisa sampai ke bulan berikutnya. @hakim menulis, "ke warung padang murah prasmanan ambil nasi+sayur3rebu, harga mininalis porsi kuli, gratis air putih,". 

@Ade45K menceritakan kebiasaannya kalau mau berangkat kerja dengan menaiki sepeda motor. "Berangkat kerja pas jalannya turun motornya dimatiin buat ngirit bensin," cuitnya. Cuitan lain yang ingin terlihat gaul belanja ala OKB milenial tapi isi dompet setipis tubuh, diciurkan oleh @putiks,  seperti ini, "Liat liat barang di olshop, screenshoot, yaudah,". 

"Ceritanya ke Gramedia, rencananya mau beli novel. Eh ada novel bagus. Ngumpet2 trus sobek bungkus plastiknya, baca sambil dlosoran. Udah selesai baca balikin lagi akhirnya kagak jd beli. E, besoknya balik lagi kelarin baca lg. Cuma numpang bayar parkir 2 rb. Ada?" cuit @VickyGilang. 

@nandakallista yang suka film juga ikutan meramaikan #CrazyPoorAsians. "Kalau mau nonton bioskop liat2 dulu itu film luar atau dlm negeri, kalo film luar mending nahan 2 minggu aja siapa tau udah muncul di LK21 (situs film gratis untuk nonton online maupun download,  red)," cuitnya. 

Bagi warganet lainnya, segala setan tidak membuatnya takut karena ada yang lebih menakutkannya. Seperti cuitannya ini, "Milih kontrak di rumah angker biar sewanya lebih murah. Faktor ekonomi lebih menakutkan drpd setan," tulis @Medival 13.

Banyak lagi cuitan-cuitan yang kemungkinan bisa juga pernah kita alami. Dari bagaimana cara berhemat pasta gigi, sabun, shampo sampai bertahan untuk hidup hanya dengan mengonsumsi makanan fenomenal yaitu mie instans selama berhari-hari. Atau betapa berharapnya saat ingin minum kopi, tiba-tiba ada yang ngajak dan membayarinya. 

Tapi ada juga warganet yang serius dengan tagar tersebut dan memasukkannya sebagai peluru politik pra Pilpres 2019 mendatang. @Roby#2019PrabowoSandi menuliskan, "Indonesia memang kebanyakan Drama bukan cuma gunakan stuntman Indonesia dikenal karena kemiskinannya, Pemerintah kerjanya cuma asik pencitraan," cuitnya. 

Cuitan berbau politik tersebut langsung disahut @twitajaib, 'TERBONGKAR!!! Ini duitnya siapa ya? Om @sandiuno, om @AndiArief_ , Om @prabowo, om @LawanPolitikJW,  Om @ZUL_Hasan,  om @MardaniAliSera Duit kok dikadusin yak?" cuitnya sambil memposting gambar kardus berisikan uang nominal Rp 100 ribuan memenuhi kardus. 

Puluhan ribu cuitan dengan #CrazyPoorAsians akhirnya dilengkapi dengan apa yang disampaikan @taaraa, "Masih nungguin ibu bpk gw bilang; sebenarnya ini bukan rumah kita nak, kita aslinya orang kaya. Semua ini kita lakukan agar kamu tumbuh menjadi anak yg rendah hati, ". 

Akhirnya, @yurikaam_ pun akhirnya mengaku,"... Baru baca dikit, :"anjir gue bgt,". Scroll bawah, "parah si gue abis" Scroll lagi,  "gilaaa, kita sama, " Abis itu lgs blg "ternyata ga gua doang yg bgt hhhh, ".  


Topik

Gaya CrazyPoorAsians Sentilan-Politik Crazy-Rich-Asians curhatan-masyarakat cuitan-masyarakat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus