Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Rekam Jejak Iptu Sukoyo sebagai Kasat Narkoba Polres Blitar: Pernah Tangkap Jaringan Pengedar Antar-Kota

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

03 - Jun - 2024, 14:51

Placeholder
Iptu Sukoyo.(Foto: Ist)

JATIMTIMES - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Blitar Iptu Sukoyo dikenal memiliki rekam jejak yang mengesankan selama tujuh bulan masa jabatannya. Namun, karir cemerlangnya harus terhenti secara tiba-tiba setelah terungkap bahwa Sukoyo positif mengonsumsi narkotika jenis sabu pada Jumat (31/5/2024). 

Hasil tes urine yang dilakukan di Mapolres Blitar menunjukkan bahwa Sukoyo mengonsumsi sabu. Hal itu membuat publik terkejut dan mencoreng citra positif yang selama ini melekat padanya.

Baca Juga : Gerindra Jatim Respon Positif Munculnya Sejumlah Nama Anak Muda di Pilwali Surabaya

Sukoyo memulai tugasnya di Polres Blitar dengan penuh semangat dan dedikasi. Selama masa jabatannya, ia berhasil mengungkap berbagai kasus besar narkoba. Salah satunya adalah penangkapan jaringan pengedar ganja antarkota. 

Dalam operasi tersebut, timnya berhasil mengamankan 13,7 kilogram ganja kering siap edar. "Di sini sudah cukup lama ya sekitar 7 bulan," kata Kasi Humas Polres Blitar, Iptu Heri Irianto, Minggu (02/06/2024).

Prestasi lainnya yang mencatatkan nama Sukoyo adalah penangkapan dua pengedar ganja berinisial RDK (29), warga Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, dan NC (38), warga Bululawang, Kabupaten Malang. Operasi ini dilakukan pada 29 April 2024, bermula dari penangkapan RDK di rumahnya di Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen Sukoyo dalam memberantas peredaran narkoba di wilayahnya.

Namun, di balik prestasi tersebut, gelagat  yang ditunjukkan Sukoyo saat berada di lingkungan Polres Blitar memicu kecurigaan. "Yang bersangkutan memang ada gelagat kurang pas, dalam arti kok aneh. Mungkin dari situ, pimpinan meminta dilakukan tes urine dan didapati positif," ungkap Iptu Heri Irianto. Tes urine yang dilakukan secara mendadak pada 31 Mei 2024 mengungkap bahwa Sukoyo positif mengonsumsi sabu.

Menanggapi temuan ini, Polda Jawa Timur bergerak cepat dengan memutasi Sukoyo ke Bagian Pelayanan Masyarakat Polda Jatim untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Yang bersangkutan sudah dinonjobkan dan dimutasikan ke Polda Jatim sejak 31 Mei 2024 untuk dilakukan pemeriksaan," kata Kombes Pol Dirmanto, kabid humas Polda Jatim, dalam siaran tertulisnya pada Senin (3/6/2024).

Saat ini, pemeriksaan terhadap Sukoyo masih berlangsung. Hingga kini, belum ditemukan barang bukti pendukung lainnya meskipun hasil tes urine menunjukkan positif amphetamine. "Sekarang yang bersangkutan lagi diperiksa di Polda Jatim guna proses lebih lanjut," ujar Heri. 

Baca Juga : Polda Jatim Dalami Kemungkinan Kasat Narkoba Polres Blitar sebagai Pengedar

Polda Jatim juga mendalami kemungkinan keterlibatan Sukoyo dalam jaringan pengedar narkoba, meski hingga kini belum ada bukti konkret yang mendukung dugaan tersebut. "Terkait apakah yang bersangkutan hanya memakai atau dugaan lainnya, masih sedang dalam pemeriksaan," jelas Kombes Dirmanto.

Kasus ini menjadi tamparan keras bagi institusi kepolisian yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkoba. Polda Jatim menegaskan tidak akan menoleransi anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pengguna maupun pengedar. Langkah tegas ini diambil untuk menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian.

Rekam jejak Iptu Sukoyo, yang dahulu dipenuhi dengan prestasi gemilang, kini terancam ternodai oleh kasus narkoba yang menjeratnya. Masyarakat Blitar dan sekitarnya berharap kasus ini dapat diselesaikan dengan adil dan menjadi pelajaran bagi seluruh anggota kepolisian untuk menjunjung tinggi integritas serta menjauhi segala bentuk penyalahgunaan narkoba. Langkah tegas dari Polda Jatim diharapkan dapat memperkuat komitmen dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah tersebut.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Kasat narkoba Polres Blitar kasat narkoba konsumsi narkoba Blitar Polda Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy