Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Pj Bupati Jombang Ajak Amalkan Nilai-Nilai Pancasila Songsong Bonus Demografi

Penulis : Adi Rosul - Editor : A Yahya

01 - Jun - 2024, 15:57

Placeholder
Pj Bupati Jombang Sugiat saat membacakan amanat upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024. (Foto : Dokumentasi Pemkab Jombang)

JATIMTIMES - Pj Bupati Jombang Sugiat memimin upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Dalam amanatnya, ia mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila demi menyongsong bonus demografi.

Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'. Upacara tersebut digelar di Alun-Alun Kabupaten Jombang, Sabtu (01/06/2024). 

Baca Juga : Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa,  Bank Jatim Kerja Sama dengan Toko Ladang

Sebagain Inpesktur Upacara, Pj Bupati Jombang Sugiat menyampaikan amanat upacara dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Disampaikan Sugiat, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita- cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Oleh karena itu, lanjut Sugiat, keberagaman yang ada itu merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yakni Bhinneka Tunggal Ika. Dalam momentum itu, Pj Bupati Jombang mengajak seluruh masyarakat untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini," ucapnya dalam amanat upacara Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Kabupaten Jombang, Sabtu (01/06/2024).

Tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045' memiliki harapan khusus di momen Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan Bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, kata Sugiat, maka seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Baca Juga : Polisi Ungkap Hasil Autopsi Korban Pengeroyokan Bocah SMP di Kota Batu, Batok Kepala Retak

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

"Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," ujarnya.

Sekadar diketahui, guna membangkitkan jiwa nasionalisme, Pemkab Jombang telah mengimbau Organisasi Perangkat Daerah, Satuan Pendidikan, BUMN dan BUMD serta komponen masyarakat di Kabupaten Jombang untuk serentak mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari pada tanggal 1 Juni 2024.(*)


Topik

Advertorial sugiat hari lahir pancasila bupati jombang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

A Yahya