Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Harkitnas 2024, Bupati Jember Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Taraf Hidup

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

20 - May - 2024, 15:36

Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat memimpin upcara Harkitnas 2024
Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat memimpin upcara Harkitnas 2024

JATIMTIMES - Bupati Jember Hendy Siswanto memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang berlangsung di Alun-alun Jember, Senin (20/5/2024). Hari Kebangkitan Nasional yang ke 116 tahun Ini bertajuk “Bangkit Untuk Indonesia Emas” di mana mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia untuk bangkit dan maju menuju masa depan yang gemilang.

Dalam amanat upacaranya, Hendy menegaskan bahwa menjadi bangsa yang berdaulat itu penting, maka dari itu dirinya meminta masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk hidup yang berdaulat.

Baca Juga : Setelah Samsung, Kini Giliran Xiaomi yang Tiru Iklan Ipad Pro Apple

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia,” ujar Hendy dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah bangsa dalam mewujudkan itu semua. “Dengan peran teknologi, cita-cita untuk menjadikan Indonesia Emas pada 2045, saya yakin lebih mudah tercapai,” lanjutnya.

Di sisi lain, bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada  2030.

Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Baca Juga : PKB Buka Peluang Duet Sanusi-Lathifah di Pilkada Kabupaten Malang 2024

Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045. 


Topik

Pemerintahan bupati jember hari kebangkitan nasional teknologi pemkab jember


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana