Kepala BKD Pensiun Dini, Mutasi Jabatan Eselon II Pemkot Batu Tertunda

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Wiwik Sukesi. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Wiwik Sukesi. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Wiwik Sukesi pensiun dini pada 6 September 2018 lalu.

Hal itu berpengaruh pada rotasi atau mutasi posisi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) Pemkot Batu. 

Salah satu imbasnya adalah tertundanya proses penilaian assessment atau uji kompetensi para Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II yang akan dimutasi tersebut. 

“Ya dengan pensiun dini Wiwik itu tentunya berimbas pada mutasi yang akan dilakukan. Yang seharusnya sesuai  jadwal ini jadi tertunda,” kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Ia menjelaskan mutasi jabatan JPTP masih tertunda sebab Kepala BKPSDM Kota Batu juga tergabung dalam Tim Pansel (timsel) dari internal Pemkot Batu. Seharusnya rapat pleno mutasi jabatan oleh timsel seharusnya digelar pada Rabu (12/9/2018) itu jadi tertunda.

Sebab Tim Pansel mutasi JPTP di Pemkot Batu terdiri dari Sekda, pejabat yang membidangi kepegawaian yakni Kepala BKPSDM, kepala BKN sebagai ketua panitia dan dua akademisi dari Universitas Brawijaya. “Timsel itu terdiri dari 60 persen dari pihak eksternal, dan 40 persen internal,” imbuhnya, Kamis (13/9/2018).

Menurutnya saat ini Pemkot Batu harus menunggu keputusan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) agar bisa menunjuk pengganti Kepala BKPSDM yang baru atau pelaksana tugas (plt). 

Diperkirakan proses SK pengunduran diri itu akan selsesai hingga minggu ini. Kemudian bakal langsung dilakukan penunjukan Plt Kepala BKPSDM. Begitu juga dengan SK tentang digantinya Wiwik sebagai bagian dari timsel. 

Dengan demikian pensiun diri ini Wiwik Sukesi berimbas pada kosonganya satu lagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Batu. Antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi Unit Mikro dan Perdagangan, Badan Keuangan Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan BKPSDM Kota Batu.

Sedang mutasi jabatan eselon II akan dilakukan di 24 OPD Pemkot Batu. Di mana para pejabat eselon II akan menempati posisi baru sesuai dengan kemampuan dan kompetensi mereka.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top