Tiga Parpol Kota Batu Lakukan Pergantian Bacaleg, Ada Apa?

Mardiono Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Mardiono Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Partai PAN, Demokrat, dan PKB memanfaatkan masa perbaikan susunan bakal calon legislatif (bacaleg) yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Ketiganya itu, dua diantaranya mengundurkan diri sebagai bacaleg dan satu Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Jika sebelumnya bacaleg dari Partai PAN yang TMS yakni Tatok Yulianto karena tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala dusun Gemulo. Kini telah digantikan oleh Widyawati yang berlatar belakang profesi petani dan peternak.

Dua lainnya untukk DPC Partai Demokrat Kota Batu  mengajukan penggantian bacaleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) Batu1. Bacaleg yang diganti adalah Elis S yang mengundurkan diri karena kesibukan pribadi.

“Partai Demokrat pun mengganti bacaleg ini dengan bacaleg baru yakni Yatmi. Lalu juga demikian dengan partai PKB,” ungkap Mardiono Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi. 

Lainnya yakni PKB mengganti bacaleg perempuan atas nama Salsabil Maulidia Luthfia. Salsabil merupakan bacaleg dari dapil 4 yang mengundurkan diri dikarenakan kesibukan bisnis. Kini nama Salsabila telah digantikan Nur Hidayati. 

“Dua partai ini sama-sama yang mengundurkan diri adalah perempuannya. Dan sudah digantikan dengan keterwakilan perempuan, karena syaratnya   keterwakilan perempuan di dapil tersebut  mencapai 30 persen,” ujarnya.

Ia menjelaskan syarat dari penggantian dapat dilakukan jika ada yang meninggal dunia atau bacaleg perempuan yang mengundurkan diri. Penggantian ini bisa dilakukan asal sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Sedang masa pergantian bacaleg yang disiapkan mulai tanggal 4 September hingga 10 September 2018. Berikutnya KPU Kota Batu akan melakukan pengecekan berkas bacaleg pengganti ini sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) hingga tanggal 20 September 2018 mendatang. “Dan akan diumumkan pada 21 September mendatang,” tutup Mardiono yang juga divisi teknis.

Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top