Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Batu Dorong KPU Maksimalkan Pemilih Pemula di Sekolah

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Dede Nana

18 - May - 2024, 11:51

Sosialisasi pemilu menjelang Februari 2024 lalu oleh KPU Kota Batu.(Foto: istimewa)
Sosialisasi pemilu menjelang Februari 2024 lalu oleh KPU Kota Batu.(Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pemutakhiran data menjadi pekerjaan rumah penting menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak digelar November 2024 mendatang. Salah satunya pemilih pemula atau yang memasuki usia seduai syarat pada tahun ini. Pemkot mendorong KPU melakukan penelusuran dan memaksimalkan potensi pemilih pemula akan berpartisipasi.

Hal tersebut disampaikan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Batu, Susetya Herawan. Dirinya berharap, naiknya partisipasi pada Pileg dan Pilpres Februari lalu berdampak pada Pilkada nanti.

Baca Juga : 4 Bacabup Jombang Berburu Rekom Parpol

"Yang jelas pemutakhiran data menjadi yang terpenting, sehungga pada waktunya bisa dimaksimalkan (partisipasi pemilih). Bisa menelusuri per sekolah, jangan sampai pemilih pemula tidak ikut, agar bisa lebih tinggi dari kemarin," ujar Herawan, belum lama ini.

Apalagi, baru saja panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kota Batu telah terbentuk yang akan membantu KPU dalam menjelang penyelenggaraan hingga pasca penyelenggaraan Pilkada nanti. Ia meminta agar penyelenggara terus berkoordinasi dengan Pemkot Batu untuk segala kesiapannya.

"PPK juga sudah dilantik oleh KPU, kami harap dengan ini segera merapat ke masing-masing camat di lokasinya. Nanti ada beberapa usulan dari kecamatan misalkan gudangnya nanti dimana, penghitungan, lalu dokumen dan sebagainya. Saya mohon nanti kpu, sebelum pelaksanaan kita bahas bersama dulu," tuturnya.

Untuk diketahui dalam Pilpres dan Pileg Kota Batu yang berlangsung Februari 2024 lalu, tingkat partisipasi 82 persen. Angka ini meningkat dua digit dibandingkan pemilu periode sebelumnya. KPU optimis dan menargetkan partisipasi masyarakat dalam memilih kembali meningkat pada Pilkada 2024.

Baca Juga : Jelang Pilkada, KPU Tulungagung Resmi Lantik 95 Anggota PPK

Herawan berujar, sosialisasi dan edukasi digencarkan semua pihak dan stakeholder terkait dalam meningkatkan partisipasi pemilih, tak terkecuali pemula. Ia meyakini juga dengan pengawalan prosesnya, asas pemilu yang langsung, umum, bebas, jujur, dan adil (Luber Jurdil), kata Herawan, selayaknya bisa dijalankan sebaik baiknya di Pilkada Kota Batu.

"Perlu mengawal sebaik-baiknya proses demokrasi ini. Untuk pemilu serentak Pilgub dan Pilwali 27 November ini untuk menghasilkan pemimpin terbaik," harapnya.


Topik

Pemerintahan pemkot batu kpu kota batu pemilih pemula


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Dede Nana