Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Blitar Terima Pengiriman Jagung dari Bima untuk Dukung Ketahanan Pangan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

17 - May - 2024, 08:14

Bupati Rini Syarifah menerima kiriman jagung dari Bima.(Foto: Pemkab Blitar)
Bupati Rini Syarifah menerima kiriman jagung dari Bima.(Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Blitar mengukuhkan komitmen dalam mendukung peternak dengan menerima pengiriman jagung dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Acara penerimaan jagung tersebut, yang dipimpin langsung oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah, berlangsung di Pendopo Sasana Adhi Praja pada Kamis (16/5/2024). 

Menurut Bupati Blitar, jagung memegang peranan strategis dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Dengan produksi jagung di Kabupaten Blitar mencapai 244.588 ton pada tahun 2023, namun kebutuhan harian mencapai 900 ton, keberadaan pasokan tambahan dari Bima menjadi penting. "Saat ini di Bima sedang panen raya jagung. Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Bima karena sudah berkenan membantu menyalurkan jagungnya ke Kabupaten Blitar," ujar Bupati Blitar.

Baca Juga : Dispendukcapil Kota Blitar Jemput Bola Perekaman E-KTP untuk Pemilih Pemula

Bupati juga menekankan pentingnya distribusi dan pemanfaatan jagung secara optimal untuk memenuhi kebutuhan peternak di daerah tersebut. "Untuk itu saya berharap, jagung yang sudah kita terima ini dapat didistribusikan dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal," tambah Rini. 

Selain itu, Bupati juga memberikan pesan kepada pengusaha jagung untuk menyerap hasil panen petani dengan harga yang wajar dan adil. Hal ini dianggap krusial untuk menjaga stabilitas harga jagung di pasaran serta meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Pesan saya kepada para pengusaha jagung adalah agar dapat menyerap hasil panen petani dengan harga yang wajar dan adil. Ini penting untuk menjaga stabilitas harga jagung di pasaran dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani kita," ujar Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Dalam konteks produksi ternak, Kabupaten Blitar memiliki populasi ternak ayam buras sebanyak 2.342.156 ton dan ayam petelur sebanyak 15.926.411 ton pada tahun 2023. Dari jumlah tersebut, produksi daging ayam petelur mencapai 2,9 juta ton dan daging ayam buras sebanyak 1,3 ton. Sementara itu, produksi telur dari ayam buras mencapai 1,3 juta kg dan dari ayam ras sebesar 141 juta kg.

Baca Juga : Dispendukcapil Lakukan Perekaman Jemput Bola ke Kelurahan

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Bima melalui pengiriman jagung, diharapkan ketahanan pangan di Kabupaten Blitar dapat terus terjaga dan meningkatkan kesejahteraan para petani serta pengusaha jagung di daerah tersebut.


Topik

Pemerintahan jagung bima rini syarifah ketahanan pangan nasional bupati blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya