MALANGTIMES - Momen peringatan tahun baru Islam Satu Muharam 1440 Hijriah menjadi ajang bagi Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa untuk menyebarkan pesan damai. Salah satunya dengan menghadiri acara Haul Ke-27 KH Muhammad Sa’id di Pondok Pesantren (Ponpes) Putra Babussalam, Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa (11/9/2018).

Di ponpes tersebut, Khofifah mengimbau kepada pengurus pondok untuk senantiasa meningkatkan kualitas santri. Salah satunya dengan cara menyebarkan kebaikan dan perdamaian ke seluruh umat. Selain memberikan sambutan, mantan menteri sosial ini juga memberikan kuis kepada para santri untuk memeriahkan acara. Tidak hanya itu. Khofifah juga menyempatkan diri untuk menyiram pohon zaitun yang ada di pondok tersebut.

Pimpinan Ponpes Babussalam Thoriq Bin Ziyad menuturkan, setahun lalu Khofifah memang menanam pohon zaitun di ponpes yang dikelolanya tersebut. Dari yang semula hanya ditanami satu, kini sudah bertambah sepuluh pohon. “Pohon zaitun merupakan simbol perdamaian. Untuk itu, akan terus kami rawat agar tetap subur,” kata Thoriq kepada MalangTIMES.

Haul KH Muhammad Sa’id ini dihadiri ribuan tamu undangan. Mulai dari alumni santri hingga para simpatisan turut menghadiri acara. Salah satunya Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir H Ghufron Marzuqi.

Ghufron menjelaskan, memasuki era seperti saat ini, memang riskan terjadi perselisihan. Untuk itu, kesadaran akan perdamaian sudah saatnya ditingkatkan. “Semoga pada peringatan tahun baru Islam ini, kita bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya,” pungkasnya. (*)