Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Kota Blitar 2024

PKB Kota Blitar Buka Pendaftaran Bacalon Kepala Daerah, Kesempatan Terbuka Luas bagi Masyarakat dan Kader Parpol Lain

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - May - 2024, 12:19

PKB Kota Blitar resmi buka pendaftaran calon kepala daerah Pilkada Kota Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)
PKB Kota Blitar resmi buka pendaftaran calon kepala daerah Pilkada Kota Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES- DPC PKB Kota Blitar secara resmi membuka Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar untuk Pilkada 2024. Peluncuran pendaftaran ini dipimpin langsung oleh Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto pada Senin (6/5/2024).

Langkah ini menjadi titik awal dari proses penjaringan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar, yang akan menemukan puncaknya pada hari pencoblosan pada 29 November 2024.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024 

 

Pendaftaran bakal calon kepala daerah diluncurkan secara resmi oleh Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto, di kantor DPC PKB Kota Blitar tepat pukul 10.25 WIB. Yasin menegaskan, pendaftaran bakal calon kepala daerah ini terbuka untuk masyarakat umum. Langkah tersebut mengindikasikan komitmen kuat dari PKB dalam mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam proses politik lokal.

"Hari ini tepat pukul 10.25 WIB, PKB Kota Blitar membuka pendaftaran penjaringan kepada semua masyarakat Kota Blitar secara umum. Kami persilahkan untuk mendaftar menjadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar, yang insyaallah pilkada akan dilaksanakan pada 29 November 2024,” ungkap Yasin.

Yasin Hermanto, Ketua DPC PKB Kota Blitar, dengan tegas menekankan bahwa proses pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Kota Blitar di PKB tidak memandang latar belakang partai politik. 

Hermanto menegaskan bahwa kesempatan ini terbuka luas bagi siapa saja yang memiliki tekad dan kapabilitas untuk memimpin Kota Blitar ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, PKB berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang adil dan setara bagi semua calon yang ingin ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut.

"Kader dari parpol lain juga boleh mendaftar di PKB. Dan di Kota Blitar ini hanya ada dua parpol yang bisa mengusung pasangan calon sendiri, PDI Perjuangan dan PKB. PKB bisa mengusung paslon sendiri setelah di Pemilu 2024, mendapatkan 5 kursi di DPRD Kota Blitar, naik dari pemilu sebelumnya dimana PKB mendapatkan 4 kursi," ujarnya.

Setelah pintu pendaftaran dibuka, satu nama pertama muncul sebagai pendaftar, yaitu M Zainul Ichwan. Zainul, seorang kader PKB yang juga seorang akademisi serta menjabat sebagai wakil rektor di Universitas Islam Balitar (Unisba). Zainul jadi pendaftar awal yang menarik perhatian. 

Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto, mengonfirmasi hal ini. Tidak hanya Zainul, namun Yasin juga menyinggung bahwa sudah ada beberapa nama lain di luar jajaran kader PKB yang dijadwalkan akan mendaftar di PKB Kota Blitar. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Sepatu Reebok Terbaik di Blibli 

 

Di antara mereka adalah Tobroni, Bambang Riyanto, Yohan Tri Waluyo (anggota DPRD Kota Blitar dari Gerindra), dan M Hardi Usodo (Ketua DPD Golkar Kota Blitar). Kehadiran beragam calon potensial ini menambah dinamika kompetisi di Pilkada Kota Blitar, mencerminkan semangat demokrasi yang hidup dan beragam dalam masyarakat.

 “Nama-nama itu sudah masuk kesini, termasuk ada yang namanya Pak Dwi. Untuk teknis tinggal pelaksanaanya sesuai jadwal, harinya apa kita belum jelas tapi dari tim Desk Pilkada kami sudah koordinasi dengan beliau-beliaunya, tinggal mengambil formulir dan mendaftar secara online," jelas Yasin Hermanto.

Terkait jadwal pendaftaran, Yasin Hermanto menegaskan bahwa pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2024, dengan dua gelombang.

"Ada dua gelombang, nanti tanggal 10 di stop dulu, di rekap trus bilamana ada yang mau mendaftar lagi masih dibuka sampai tanggal 17 Mei 2024. Bebas semua bisa mendaftar, baik orang kabupaten Blitar maupun orang mana boleh mendaftar di PKB Kota Blitar. karena PKB betul-betul menjaring dan mencari calon kepala daerah ang betul-betul kompeten," tambahnya.


Topik

Politik Pilkada pilkada kota blitar kota blitar PKB PKB Kota Blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni