Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sampade Terbukti Ampuh Tarik Wajib Pajak di Kota Malang

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Sep - 2018, 19:51

Kepala Bidang Pendataan Pendaftaran dan Penetapan (P3) Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang Dwi Cahyo Teguh (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Kepala Bidang Pendataan Pendaftaran dan Penetapan (P3) Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang Dwi Cahyo Teguh (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah alias ‘Sampade’ ternyata ampuh menarik wajib pajak (WP) untuk menunaikan kewajibannya. Sebab, meski baru di-launching di pertengahan 2018, jumlah WP yang memanfaatkannya sudah banyak.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Kepala Bidang Pendataan Pendaftaran dan Penetapan (P3) Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Dwi Cahyo Teguh menyampaikan, inovasi ini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha yang berasal dari luar Malang. Kebanyakan mereka memanfaatkan aplikasi berbasis android tersebut untuk mempermudah aktivitasnya membayar pajak.

"Jadi banyak pengusaha, terutama yang domisisli luar Malang memanfaatkan aplikasi ini. Karena mereka dapat mengontrol dengan mudah di mana pun mereka berada," jelasnya pada MakangTIMES di tengah-tengah kegiatan Tax Goes to Mall yang dilakukan di pelataran utama Mall Ramayana, Minggu (9/9/2018).

Lebih jauh dia menyampaikan, Sampade telah melengkapi sistem pajak online (e-tax) yang sudah digeber sejak tahun 2013 lalu serta Ngalam Command Center yang telah di-launching belum lama ini. Inovasi demi inovasi itu pun berhasil dan banyak dilirik.

Tak hanya itu, inivasi tersebut menurutnya juga bertujuan memutus tali pembayaran secara manual. Di mana ada pertemuan secara langsung antara WP dan petugas, yang masih rawan pungutan. Karena melalui aplikasi secara online, kemungkinan kebocoran dapat diminimalisir.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

"Selain itu ke depan kita juga sudah e-money. Saat seperti sekarang sudah bukan waktunya membayar secara konvensional," imbuhnya.

Sementara itu, dalam kegiatan Mall Goes to Mall itu, petugas juga mengedukasi kepada para pemilik tenant dan pengelola Ramayana. Terutama terkait sistem pembayaran pajak secara online melalui Sampade. Antusias para WP pun sangat bagus, dan sebagian besar sudah paham dengan aplikasi Sampade.

"Dan kita juga tidak hanya menyasar mall, tapi juga siswa sekolah, pasar, hingga mahasiswa. Tujuannya mengedukais pentingnya membayar pajak untuk membangun daerah," pungkas pria berkacamata itu. (*)


Topik

Pemerintahan Pajak-di-Kota-Malang Sistem-Informasi-Aplikasi-Mobile-Pajak-Daerah BP2D-kota-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni