Haul Ke-1 Gus Luqman, Gubernur Terpilih Resmikan BM Mart

Prof M. Bisri (kiri), pengasuh PP Bahrul Maghfiroh dan Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa (kanan). (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Prof M. Bisri (kiri), pengasuh PP Bahrul Maghfiroh dan Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa (kanan). (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peringatan Haul Ke-1 KH Luqmanul Karim, Pondok Pesantren (PP) Bahrul Maghfiroh meluncurkan unit usaha baru (9/9/2018). Namanya Bahrul Maghfiroh (BM) Mart.

BM Mart diresmikan langsung oleh Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa. Keberadaan BM Mart dipandang sebagai wujud kemandirian dari sebuah ponpes. Bukan hanya ponpes, namun kemandirian tersebut tentunya juga diinginkan oleh semua lembaga pendidikan.

" BM Mart tentu menjadi bagian dari salah satu hal yang bisa berdampak positif. Seperti bisa memberikan pelatihan kepada para santri-santri pondok," ucap Khofifah.

Kedua tentunya bisa membangun jejaring bahwa akan ada produk-produk usaha kecil menegah (UKM) yang bisa bersinergi dalam penjualan dan menambah income masyarakat.

Menurut Khofifah, ini bukan merupakan upaya untuk memoderenkan ponpes. Namun, ini adalah pengelolaan yang profesional, bukan hanya dari segi unit usaha, namun dalam segala hal. BM Mart imerupakan salah satu unsurnya.

"Namun yang substantif, ini bisa membangun suatu kemandirian, yang tentu bukan hal yang mudah dalam mewujudkannya. Namun dengan ini, memang harapannya, income bagi PP Bahrul Maghfiroh bisa meningkat. Apalagi di sini kan mondoknya juga gratis," tambah Khofifah.

Sementara itu, BM Mart meskipun dibangun di lingkup pesantren, namun dari segi modelnya juga tak jauh berbeda dengan minimarket modern pada umumnya. Di sana terdapat segala macam produk yang ada di pasaran, mulai dari sabun mandi hingga sembako. Sistem pelayanannya pun sama dengan minimarket umumnya. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top