Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Satu-satunya di Jawa Timur: Kota Blitar Cetak Sejarah dengan Meraih Opini WTP ke-14 Berturut-turut

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2024, 08:43

Wali Kota Blitar Santoso (paling kanan) dan Ketua DPRD Syahrul Alim mewakili Kota Blitar menerima penghargaan Opini WTP ke-14. (Foto: Pemkot Blitar)
Wali Kota Blitar Santoso (paling kanan) dan Ketua DPRD Syahrul Alim mewakili Kota Blitar menerima penghargaan Opini WTP ke-14. (Foto: Pemkot Blitar)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Blitar kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-14 secara berturut-turut, menjadikannya satu-satunya di Jawa Timur yang mencapai prestasi tersebut. 

Prestasi ini diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diterima oleh Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd, di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada Kamis (02/05/2024).

Baca Juga : Waduh, STY Larang Timnas Indonesia Pegang Bola Usai Kalah dari Irak, Kenapa?  

 

Menyikapi pencapaian gemilang ini, Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya. Menurut Santoso, opini WTP yang ke-14 ini menunjukkan dedikasi tinggi dan kerja keras dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Blitar serta dukungan penuh dari DPRD Kota Blitar dalam mengelola keuangan daerah secara bertanggung jawab, transparan, dan akuntabel.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam pencapaian opini WTP ini, khususnya kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur atas bimbingan dan arahannya selama ini," ungkap Wali Kota Santoso.

Wali Kota Santoso menekankan bahwa prestasi ini harus menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kota Blitar untuk terus meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Dalam menghadapi tantangan tersebut, pembenahan, peningkatan, dan penyempurnaan sistem serta prosedur pengelolaan keuangan daerah menjadi kunci dalam mewujudkan good and clean governance.

"Opini WTP ke-14 merupakan bukti nyata dari komitmen tinggi Pemerintah Kota Blitar dalam menjalankan tata kelola keuangan daerah yang baik dan bersih. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi kami, tetapi juga harus menjadi inspirasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kota Blitar untuk terus meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dalam melayani masyarakat dengan baik," tegas orang nomor satu di Kota Blitar. 

Inspektur Daerah, Ratih Dewi Indarti, SE., CGCAE, menambahkan bahwa prestasi ini merupakan hasil dari strategi dan upaya bersama yang melibatkan komitmen pimpinan, pemanfaatan teknologi, disiplin dalam pengelolaan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola keuangan.

Baca Juga : 3 Mei, Sebagian Wilayah di Jatim Masih Berpeluang Hujan, Kemarau Belum Menyeluruh 

 

“Salah satu upaya dari Inspektorat Daerah aktif sebagai Consulting Partner Dan Quality Assurance melalui pendampingan dan pemberian saran melalui optimalisasi klinik pengawasan,” jelas Ratih Indarti.

Para pemimpin tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur, termasuk Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah, serta Anggota V BPK H. Ahmadi Noor Supit, turut hadir dalam penyerahan laporan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. Acara tersebut melibatkan serentak 37 kabupaten/kota di Jawa Timur, menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan tata kelola keuangan publik secara transparan dan akuntabel di seluruh wilayah.

"Capaian opini WTP ini penting untuk dipertahankan, agar kepercayaan publik tidak hilang. Mari kita bersama-sama terus menjaga integritas dan transparansi dalam mengelola keuangan daerah untuk kemajuan Kota Blitar yang lebih baik," pungkas Wali Kota Blitar, Santoso. 


Topik

Pemerintahan Pemkot Blitar Kota Blitar WTP opini wtp bpk


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Pemerintahan

Artikel terkait di Pemerintahan