Berkat GPS, Polsek Lowokwaru Bekuk Trio Curanmor Asal Pasuruan

Sep 08, 2018 17:48
Ketiga Pelaku yang berhasil diamankan Petugas (Polsek Lowokwaru)
Ketiga Pelaku yang berhasil diamankan Petugas (Polsek Lowokwaru)

MALANGTIMES - Global Positioning System (GPS) nampaknya bisa jadi solusi untuk menanggulangi pelaku pencurian motor (curanmor). Pasalnya dengan memasang alat GPS pada motor, bisa membuat motor yang hilang mudah ditemukan, bahkan termasuk pelakunya.

Seperti yang terjadi terhadap peristiwa hilangnya sepeda motor milik Tioni Agatha Caroline Siallagan (18) warga Bojong Nangka No 12, Rt 01 Rw 08, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan, Pondok Melati, Kota Bekasi. 

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Motor miliknya lenyap dari parkiran kampus 
Gedung Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kejadian tersebut ia ketahui sekitar pukul 22.00 wib (4/9/2018), ketika korban akan pulang dari kampus. Namun saat keluar korban shock melihat motornya tidak berada di tempat. Setelah itu, korbanpun sempat bertanya kepada rekannya yang lain, namun juga tidak membuahkan hasil.

Namun beruntung saat itu, ketika motor korban dicuri, sebelumnya telah terpasang sebuah GPS, sehingga setelah melapor, polisi pun tak kesulitan untuk membekuk pelaku.

Petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Lowokwaru, dengan bantuan tim Resmob Polres Malang Kota berhasil membekuk pelaku pada 5 September 2018 sekitar pukul 04.00 wib.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono membenarkan adanya penangkapan tersebut. Petugas menangkap pelaku di kediaman masing-masing pelaku setelah petugas berhasil mengikuti arah GPS yang ada pada motor korban.

"Arahnya menuju Pasuruan. Anggota langsung kordinasi dengan jajaran Resmob untuk membekuk pelaku dan akhirnya dua pelaku dan satu penadah berhasil dibekuk," paparnya

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid 19, Pelaku Curnamor Makin Liar, Sehari Dua Motor Digasak

Ketiga pelaku yakni, Ahmad Holihur Rohman(26), Didik Irawan(30) dan penadahnya adalah Abdul Ghofur (37). Ketiganya merupakan warga Dusun Karangnongko, Rt 02 Rw 06, Desa Karangmenggah, Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan.

"Dari tangannya, petugas berhasil mengamankan motor curian dan motor sarana pelaku. Ada sepeda motor honda Beat warna Biru Putih dengan Nopol B-4497-KEY yang merupakan hasil curian dan motor pelaku Supra X 125 warna Hitam  Nopol N-4753-TBJ," ungkapnya

Menurut data yang dikantongi pihak kepolisian, pelaku ini ternyata merupakan residivis dalam kasus yang sama dan sudah keluar beberapa waktu lalu.

"Untuk di Kota Malang, pelaku mengaku baru sepuluh kali beraksi. Namun saat ini masih kami tindak lanjuti terus," pungkasnya

Topik
Berkat GPS Polsek Lowokwaru Bekuk Trio Curanmor Asal PasuruanAhmad Holihur RohmanDidik IrawanAbdul GhofurKapolsek LowokwaruKompol Pujiono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru