Suasana satgas percepatan pergantian anggota DPRD Kota Malang tengah memverifikasi berkas-berkas administratif. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)
Suasana satgas percepatan pergantian anggota DPRD Kota Malang tengah memverifikasi berkas-berkas administratif. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tim satuan tugas (satgas) percepatan pergantian anggota DPRD Kota Malang harus kerja ekstra. Pasalnya, hingga hari ini (7/9/2018) baru 19 berkas calon pengganti yang siap disahkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang optimis, target waktu pemberkasan dapat terlaksana. "Sampai sore ini, yang sudah kami serahkan ke DPRD Kota Malang 19 calon. Sedangkan yang dalam proses 14 orang. Sehingga kami optimis hari ini sekitar 33 berkas akan bisa selesai," ujarnya. 

"Prinsipnya yang 19 sudah oke, yang lain tinggal menunggu beberapa dokumen pendukung. Sehingga saya kira target yang diharapkan Bapak Gubernur bisa terwujud," urainya. Seperti diketahui, Pemprov Jatim menargetkan proses PAW 40 anggota DPRD Kota Malang bakal digelar Senin (10/9/2018) mendatang.

 

 

Kendala yang ditemui, lanjut Zaenudin, yakni belum lengkapnya dokumen pendukung yang dibutuhkan. "Artinya kalau ada yang meninggal dunia, mana dokumen pendukungnya. Begitu juga yang mengundurkan diri. Kami tunggu sampai batas yang disepakati bersama. Yang sudah akan didahulukan, yang belum nanti dipending," terangnya.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Untuk daftar yang sudah fix, yakni sembilan orang dari PDI Perjuangan ditambah dari Demokrat dan Golkar yang masing-masing mengajukan lima pergantian. Sementara yang masih diproses, Yakni dari PPP sebanyak tiga orang, Nasdem satu orang, Gerindra empat orang, PKB empat orang, dan PKS dua orang. "Kurang tujuh dari PAN dan Hanura. Mereka sudah komunikasi, tapi memang berkasnya belum diserahkan," pungkasnya.