Ikuti Journalist Camp Hari Pertama, Siswa SMP di Kota Malang: Oh Ini Rasanya Jadi Jurnalis

Journalist Camp Dinas Pendidikan Kota Malang dan MalangTIMES  5

MALANGTIMES - Journalist Camp 2018 merupakan langkah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang membina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Wujudnya adalah memberikan pelatihan dasar terhadap profesi jurnalis.

Dan di tahun 2018 ini, Disdik Kota Malang bekerja sama dengan media online MalangTIMES menggelar Journalist Camp bertema Menjadi Jurnalis di Era Milenial.

Lewat tema yang dekat dengan generasi milenial, 60 siswa-siswa SMP se-Kota Malang diajak menyelami dunia jurnalistik. Melalui sajian materi dunia digital dan jurnalistik zaman now, para peserta mengaku terkesan dengan kegiatan yang bakal digelar hingga Sabtu (8/9/2018) esok itu. 

Di antara mereka adalah Maharani Lilyantika. Siswi SMPN 4 Malang itu mengaku ini pengalaman kali pertama ia mengikuti pembinaan OSIS dengan tema jurnalistik.

"Ini pengalaman saya yang pertama. Rasanya senang karena disini diberikan banyak materi yang menambah wawasan kita tentang dunia jurnalistik. Juga dikasih tahu oh jadi caranya seperti ini kalau mau buat informasi di media sosial," kata dia kepada MalangTIMES, Jumat (7/9/2018). 

Selain Mahar, ada siswi yang juga mengaku terkesan dengan pelatihan jurnalis milenial. Ia adalah Dea Laurentina yang merupakan siswi SMP Kartika 49. Dea mengaku ia getol menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

"Saya pernah menuliskan sebuah informasi di Facebook gitu. Ternyata setelah ikut pelatihan ini, oh jadi begini cara menulis sebuah informasi katakan berita misalnya. Jadi tahu step stepnya," kata dia. 

Journalist Camp 2018 juga memberikan pemahaman terkait berita video. Selain itu, dalam kesempatan ini juga dipaparkan mengenai perlunya membuat konten yang menarik. Seperti apa ulasan lengkapnya? Simak di tulisan selanjutnya. (*)

Top