Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan Journalist Camp Dinas Pendidikan Kota Malang dan MalangTIMES (1)

Siapkan Siswa Berkompetisi di Kancah Global, Ini Cara Cerdas Dinas Pendidikan Kota Malang

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Sep - 2018, 10:58

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM saat membuka acara Journalist Camp 2018 di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang, Jumat (7/9/2018). (Pipit Anggraeni)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM saat membuka acara Journalist Camp 2018 di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang, Jumat (7/9/2018). (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan Kota Malang memiliki cara tersendiri untuk menyiapkan para siswa dalam menghadapi dan berkompetisi di era global. Bukan sekadar memanfaatkan informasi yang dapat diraih dengan cara mudah, melainkan juga memupuk kesadaran sejak dini untuk terlibat dalam proses mengolah dan menyebarkan informasi.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM menilai, era globalisasi merupakan masa keemasan yang harus dimanfaatkan dengan benar oleh generasi penerus di Indonesia. Meski dapat dipastikan perkembangan di era yang serba terbuka ini akan membawa dampak negatif di samping positifnya.

"Termasuk dalam bidang pendidikan, di mana kita harus selalu siap dengan segala perubahan karena perubahan tidak menunggu waktu," katanya saat membuka kegiatan Juornalist Camp dengan tema Osis Era Milenial, Membangun Karakter Kebangsaan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Malang bersama media online MalangTIMES di aula Dinas Pendidikan Kota Malang, Jumat (7/9/2018).

Mewujudkan Kota Malang yang siap bersaing dengan dunia global, menurut Zubaidah, butuh peran serta dari lembaga pendidikan, terutama para siswa. Artinya, dunia pendidikan harus siap terus bergerak untuk mengikuti zaman atau bahkan membuat tren baru. 

"Dalam ajaran Islam juga sudah dijelaskan bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini," imbuh Zubaidah.

Dia mengatakan, saat ini tidak cukup hanya menyiapkan lulusan dan generasi penerus yang bagus dalam bidang akademik, melainkan harus menjadi siswa dan lulusan yang berintegritas. Nilai akademik bukan harus dijadikan prioritas, meski hal itu sangat penting dilakukan. 

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

"Lulusan yang berpredikat baik itu penting. Tapi itu adalah proses dan output-nya harus berintegritas dan mampu bersaing di era global," terangnya.

Ketika para siswa disiapkan sejak dini untuk dapat bersaing dalam kancah global, maka dapat dipastikan mereka mampu beradaptasi dengan segala kondisi dan perubahan. Baik saat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi maupun di dunia profesional.

"Dan yang harus diingat oleh oara siswa, era globalisasi ini harus dimanfaatkan dengan cara positif. Jangan sampai terseret dan terjerumus di dalamnya," pungkasnya. (*)


Topik

Pendidikan berita-malang Dra-Zubaidah-MM Osis-Era-Milenial Siapkan-Siswa-Berkompetisi-di-Kancah-Global


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni