Susah Dapat Air Bersih, Pemkab Malang Siap Bangun Sumur Bor di Jabung

MALANGTIMES - Melaksanakan bina desa di Kecamatan Jabung, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna mendapati warga yang susah mendapatkan air bersih. Dia pun berjanji akan segera kembali membangun sumur bor di kawasan yang terkenal akan kopi dan tebunya itu.

Menurut Rendra, saat ini wilayah Kecamatan Jabung baru memiliki dua sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari. Namun untuk irigasi, memang belum ada saluran khsus yang dibuat. Sehingga, tak jarang petani yang kesusahan mendapat air, terutama saat musim kemarau seperti sekarang.

"Jadi, dua sunur bor yang ada masih untuk rumah tangga. Sedangkan kebutuhan di sawah masih akan kami usahakan," katanya di sela-sela blusukan yang dilakukan di Desa Jabung Kecamatan Jabung, Kamis (6/9/2018).

Selama ini, sudah banyak upaya yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan air bersih itu. Salah satunya adalah mengebor sumur di beberapa titik. Namun sayangnya, sampai saat ini proses pengeboran selalu gagal direalisasi. Dalam satu hari, pengeboran hanya biaa dilakukan dengan kedalaman setengah meter saja.

"Secara hitungan jelas mereka yang ngebor sumur itu rugi. Karena saat di bor itu susah dan banyak bebatuan besar itu di bawahnya dan bor banyak yang rusak," jelas Rendra.

Meski begitu, upaya bor sumur menurutnya harus terus dilakukan. Pendekatan dengan beberapa stakehokder pun tetap diusahakan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. "Termasuk inovasi-inovasi terkini untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan kebutuhan air," urainya lagi.

Sementara itu, saat ini kebutuhan air bersih masyarakat di Kecamatan Jabung menurutnya sebagian besar masih bergantung pada penyaluran oleh PDAM. Infrastruktur jalan pun lebih diperkuat untuk mengatasi permasalahan sulit air yang sering terjadi saat musim kemarau berkepanjangan. Itu karena truk air sering diturunkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)

Top