Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Realisasi Terminal Wisata Madyopuro Bakal Difasilitasi Dishub Provinsi Jatim

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

18 - Apr - 2024, 15:41

Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putran mendampingi Pj Wali Kota Wahyu Hidayat meninjau Terminal Madyopuro.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putran mendampingi Pj Wali Kota Wahyu Hidayat meninjau Terminal Madyopuro.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pembuatan Terminal Wisata di Kota Malang ternyata bukan sekedar wacana belaka. Sebab menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra, rencana itu sudah dikomunikasikan cukup lama dengan Dishub Provinsi Jawa Timur. 

Bahkan menurut pria yang akrab disapa Jaya ini, rencana tersebut juga telah dibuatkan detail engineering design (DED). Di mana jika mengacu pada DED tersebut, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 16 miliar dan telah dirapatkan dengan Dishub Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga : Pemkab Malang Gencarkan Sosialisasi Simoni Guna Optimalisasi Pajak Pasca Lebaran

“Beberapa tahun yang lalu sudah buat DED terminal wisata dan itu sangat tepat sekali terkait dengan program dari Provinsi Jawa Timur. Apalagi juga sudah dirapatkan dan akan difasilitasi oleh Dishub Provinsi. Sesuai DED kalau dulu butuh biaya Rp 16 miliar,” kata Jaya, Kamis (18/4/2024).

Sebagai informasi, rencana itu kembali mengemuka setelah Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau Terminal Angkutan Tipe Madyopuro, Rabu (17/4/2024) kemarin. Dimana kondisi terminal yang ada di Kecamatan Kedungkandang ini dinilai memiliki lokasi strategis.

Sementara saat ini, terminal tersebut memang terkesan sepi. Terminal yang seharusnya digunakan untuk tempat pemberhentian angkutan kota (angkot) itu malah terlihat tak banyak disinggahi angkot. 

Untuk dalam hal ini, Jaya menegaskan bahwa pihaknya akan kembali menjalin koordinasi dengan sejumlah pihak. Seperti Dishub Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur. Mengingat lokasi Terminal Madyopuro berhimpitan dengan perbatasan. 

“Yang paling utama untuk hal ini adalah mengatur manajemen terlebih dahulu. Buat apa kita membangun tapi konsepnya tidak jelas. Kita akan membuat konsep yang lebih pasti lagi. Ini akan kita optimalkan lagi,” terang Jaya. 

Baca Juga : Pantai Serang Blitar Diserbu 12 Ribu Wisatawan di Puncak Libur Idulfitri

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, menyampaikan jika dalam perencanaan itu tentunya harus dipersiapkan dengan matang. Apalagi juga akan menambah sarana dan prasarana (Sarpras) untuk di terminal tersebut. 

“Saya pikir Sarprasnya tidak terlalu banyak, contohnya rest area, tempat oleh-oleh, terus bagaimana mereka nanti nyaman berada di sini. Agar ketika menunggu untuk ke Bromo bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sini,” ujar Wahyu.


Topik

Pemerintahan terminal wisata terminal madyopuro dishub kota malang pj wali kota malang dishub jatim


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana