Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi (foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES).

Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi (foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES).



MALANGTIMES - Sesuai instruksi dari Gubernur Jawa Timur dalam pertemuan yang dilakukan di Surabaya pada Rabu (5/9/2018) siang, maka malam ini akan dilakukan pertemuan antara Pemerintah Kota Malang dan petinggi partai politik.

"Jadwalnya diadakan pertemuan setengah tujuh, tapi sepertinya akan dilakukan setelah Isya dengan parpol di balai kota malam ini," kata Sekretaris DPRD Kota Malang, Bambang Suharijadi pada wartawan, Rabu (5/9/2018) petang.

Pertemuan itu menurutnya sebagai tindak lanjut atas perintah gubernur untuk mendorong proses percepatan pergantian antar waktu (PAW) bagi anggota legislatif yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Karena gubernur juga telah berjanji jika proses PAW akan lebih dipersingkat dibanding biasanya.

"Tapi semua proses masih harus sesuai ketentuan, hanya saja waktunya memang dipersingkat," jelasnya.

Menurutnya, setidaknya pada Senin pekan depan pelantikan proses PAW diharapkan sudah mulai dijalankan. Seluruh anggota dewan yang telah menjadi tersangka ditargetkan sudah melakukan proses PAW dan seluruhnya tergantung masing-masing partai politik.

Saat ini, lanjutnya, baru lima anggota DPRD Kota Malang yang dalam tahap proses PAW. Empat diantaranya berasal dari PDI Perjuangan dan satu sisanya dari PAN. Sehingga parpol terus didorong agar berinisiatif mempercepat proses PAW.

Sementara terkait proses pelantikan, menurutnya akan dilakukan seperti saat pelantikan anggota dewan baru. Namun bedanya, pelantikan kali ini dilakukan oleh Plt. Ketua DPRD Kota Malang, Abdurrahman.

"Dan itu memiliki kekuatan hukum. Karena proses PAW akan dibuat seperti saat pelantikan anggota dewan baru saat selesai pemilihan," pungkasnya.

End of content

No more pages to load