Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Momen Halal Bihalal, Rektor Motivasi Seluruh Sivitas Unisma Tingkatkan Kinerja 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

17 - Apr - 2024, 14:35

Halal Bihalal yang diikuti seluruh sivitas Unisma  (Anggara Sudiongko/MalangTimes)
Halal Bihalal yang diikuti seluruh sivitas Unisma (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Seluruh sivitas Universitas Islam Malang (Unisma), yang terdiri dari tenaga kependidikan, dosen, jajaran rektorat hingga jajaran yayasan, melaksanakan halal bihalal di gedung bundar Unisma, Rabu (17/4/2024). 

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menyampaikan, bahwa momen Halal Bihalal menjadi momen untuk mempererat silahturahmi keluarga besar Unisma. Lebih dari sekedar mempererat tali persaudaraan, momen ini juga menjadi momen dalam membangun kinerja yang lebih adaptif, progresif dan inovatif. 

Baca Juga : Konsisten Layani Pelanggan Selama Lebaran, Pj Wali Kota Malang Apresiasi Perumda Tugu Tirta

"Tentunya itu didasari dengan wahdatul wujud, yakni atas dasar akidah yang kokoh setelah puasa Ramadan.

1

Bulan suci Ramadan sebelumnya untuk mengupgrade dan mengupdate kualitas imam, amaliyah, dan ibadah. Maka, setelah itu momen ini adalah upaya membangun kebersamaan yang solid dan kuat untuk melangkah maju bersama.

Rektor menganalogikan seperti halnya tanah. Tanah diciptakan kuat dan stabil karena terdapat sebuah pondasi atau paku bumi yang kuat, yakni sebuah gunung.

Maka hal ini selaras dengan kebersamaan yang solid menjadi sebuah motivasi atau motor untuk bergerak maju dalam mengembangkan kampus Unisma. 

"Manusia ini diciptakan dari tanah, dan tanah itu stabil, tanah menumbuhkan dan tidak bergejolak, diharapkan banyak mahluk dan menghasilkan segala sesuatu. Beda dengan iblis yang diciptakan dari api dan menghasilkan banyak gejolak yang justru membakar dan tidak diinginkan," kata prof Maskuri.

2

Sivitas akademika Unisma, lanjut Maskuri, dianalogikan seperti tanah. Tanah dapat memberikan arti pentingnya banyak unsur yang ada didalamnya. Banyak asa yang  diharapkan mampu untuk tercipta dan menciptakan peradaban yang lebih mendalam untuk Indonesia dan dunia. 

Baca Juga : Kirab Budaya 2000 Ketupat Cokelat: Magnet Wisata yang Memikat di Kampung Coklat Blitar

"Itu semangat kita, manusia diciptakan dari tanah dan kembali ke tanah. Maka tanah ini dianalogikan kepada civitas agar berkontribusi besar untuk Indonesia dan dunia," katanya.

Sementara itu, momen halal bihalal diakhiri dengan seluruh sivitas Unisma, baik dari tenaga kependidikan, dosen, jajaran rektorat hingga jajaran yayasan satu persatu melakukan jabatan tangan dengan seluruh sivitas Unisma. 


Topik

Pendidikan Unisma Universitas Islam Malang Maskuri halal bihalal


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri