Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jadi Kandidat Kota Sehat Nasional, Kawasan Merokok di Alun-Alun Kota Batu Tuai Kritik

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

05 - Sep - 2018, 18:16

Alun-Alun Kota Batu yang menjadi salah satu jujukan wisatawan dikritik karena masih menyediakan area merokok oleh tim penilai Kota Sehat Nasional. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Alun-Alun Kota Batu yang menjadi salah satu jujukan wisatawan dikritik karena masih menyediakan area merokok oleh tim penilai Kota Sehat Nasional. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk memperoleh predikat Kota Sehat Nasional.

Salah satunya terkait sterilisasi ruang publik dari aktivitas merokok, seperti di Alun-Alun Kota Batu.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Tim verifikasi Kota Sehat Nasional menyoroti masih adanya kawasan merokok di alun-alun. Padahal, tempat tersebut menjadi jujukan wisatawan lokal, mancanegara dan juga warga setempat untuk berlibur.

Hari ini (5/9/2018) tim verifikator dari Dinas Kesehatan Pemprov Jatim melakukan kunjungan ke 16 titik di kota wisata itu untuk melakukan penilaian.

Khusus untuk Alun-Alun Kota Batu, tim verifikasi beri catatan negatif. Sebab, seharusnya taman sebagai fungsi rekreasi keluarga steril dari kegiatan merokok.

"Ini ada papan larangan merokok. Seharusnya ya tidak ada (tempat merokok) dan kalau bisa misal diganti are WiFi ," kata Ketua Forum Kota Batu Sehat Salma Safitri yang ikut mendampingi tim verifikasi.

Selain alun-alun, lokasi lain yang dikunjungi di antaranya SDN Ngaglik 01, Alun-Alun Kota Batu, Kampung Ramah Anak Punten, Taman Wisata Selecta, Hutan Kota Bondas, Lumbung Pangan Temas, Wana Wisata Coban Rais, dan Pasar Besar Kota Batu.

Terpisah, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, pihaknya berharap kota wisata itu sekaligus menyandang predikat Kota Sehat Nasional. Sebab, pada 2017 lalu kota tersebut telah mendapat predikat yang sama di tingkat provinsi.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Tujuannya tidak lain untuk semakin beri rasa percaya dan nyaman wisatawan yang datang, utamanya wisatawan mancanegara. "Tidak dipungkiri, masyarakat Kota Batu masih harus terus diajak menuju ke arah Kota Sehat. Sebab masib ada saja yang buang sampah ke sungai," ujarnya. 

Dengan adanya penilaian tersebut, masyarakat juga diajak untuk sadar dan menerapkan pola hidup sehat.

"Maka yang penting memang haruslah dari kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa Alun-Alun-Kota-Batu Kandidat-Kota-Sehat-Nasional Kota-Sehat-NAsional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto