Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pesantren Putri Manbaul Ulum Dau Malang: Wadahi Santri Mahasiswa hingga Lansia

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Dede Nana

16 - Apr - 2024, 12:57

Pesantren Putri Manbaul Ulum di Jalan Sedap Malam Sengkaling, Desa Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang.
Pesantren Putri Manbaul Ulum di Jalan Sedap Malam Sengkaling, Desa Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang.

JATIMTIMES - Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Ulum binaan Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) Malang mengembangkan lahan pendidikan agama ke beragam kalangan.

Salah satunya Pesantren Putri Manbaul Ulum di Dau Malang yang baru diresmikan, Selasa (16/4/2024).

Ponpes tersebut didirikan untuk mewadahi pemudi hingga lansia yang ingin menimba ilmu agama dengan nyaman.

Pesantren yang berlokasi di Jalan Sedap Malam 14 Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang itu mengutamakan pendidikan unggul dalam ilmu agama dan berjiwa sosial.

Para santri diarahkan agar dalam praktek kehidupan terus mendekatkan diri dengan agama dan masyarakat.

Baca Juga : Mantap, Mahasiswa PIPS UIN Maliki Malang Sabet Dua Gelar Duta Tingkat Jatim 

Demikian diungkapkan Pendiri sekaligus Inisiator Rumah Sedekah NU KH Noor Shodiq Askandar.

Menurutnya, dengan kamp pembelajaran yang dibentuk dengan sistem pesantren diyakini mampu menampung dan mencetak generasi yang cakap menyampaikan dakwah ilmu keagamaan kepada semua kalangan.

"Kami punya bayangan bagaimana anak muda dipersiapkan menjadi santri yang unggul. Selain itu juga agar mereka bisa mempersiapkan masa tuanya dengan baik. Maka pesantren ini yang ketiga dan diperuntukkan untuk putri dan lansia," ujar Nurr Shodiq Askandar kepada JatimTIMES, Selasa (16/4/2024).

Pria yang akrab dengan sapaan Gus Shodiq itu menjelaskan, Pesantren Manbaul Ulum sebelumnya sudah ada dua yang berlokasi di Rumah Sedekah NU Dau untuk Manbaul Ulum 1, lalu Manbaul Ulum 2 di Karangploso Malang yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Pesantren Puteri Manbaul Ulum yang baru diresmikan tersebut dibangun dari wakaf Nurul Mukhadis (NM) sehingga lembaga yang menaungi diberi nama Yayasan Taslima NM.

Lahan wakaf seluas lebih dari 1.200 meter persegi tersebut, lanjut Gus Shodiq,  diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk seluruh kegiatan pesantren. 

"Sebelumnya sama-sama dari pengurus dan yayasan kita diskusikan ada kebutuhan pesantren putri, lalu ada kebutuhan lain. Dimana banyak orang sepuh mencari tempat mendalami ilmu agama hingga hari tua, makanya dibutuhkan dalam bentuk pesantren ini," terangnya.

Rencananya pembangunan akan dilanjutkan dimana pesantren akan dibangun dua gedung, lima lantai dan tiga lantai.

Gus Shodiq menyebut saat ini sudah ada 9 kamar santri, dengan dua kamar lain untuk tamu dan ustaz.

Baca Juga : Kasus Pelecehan Seksual Kerap Warnai Lingkungan Pendidikan, Apa Penyebabnya?

"Harapan kami mereka para santri dididik untuk disiplin ibadah, belajar ngaji Al-Qur'an dan kitab, untuk menjadi fasih keilmuan agama juga belajar kehidupan sosial. Artinya kepedulian atau empati mereka kepada masyarakat serta wirausaha," ungkapnya.

Wirausaha juga diberikan sebagai pendidikan sosial ekonomi pesantren agar setelah kembali pulang santri mempunyai keterampilan.

Wakil Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) itu juga menceritakan bahwa Pesantren Manbaul Ulum Putri memiliki program one day one ayat. Untuk melatih hafalan dan pendalaman terhadap kitab suci Al-Qur'an.

"Sudah ada bibit santri sebenarnya tapi sebelum ada pesantren mereka tinggal di rumah kami. Saat ini sudah diresmikan dan segera bisa menerima pendaftaran," tambahnya.

"Alhamdulillah, pesantren ini diresmikan langsung oleh Ketua Umum MUI Kiai Anwar Iskandar. Sudah ada beberapa santri yang antre ingin masuk. Semoga lancar," imbuh Gus Shodiq.


Topik

Pendidikan Pesantren Puteri Manbaul Ulum Kabupaten Malang Kecamatan Dau Gus Shodiq Rumah Sedekah NU


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Dede Nana