Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pastikan Harga Bahan Pokok Tetap Terjangkau, Pemkot Malang Bakal Bikin Kios Pangan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Apr - 2024, 10:54

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang berencana untuk membuat Kios Pangan. Kios Pangan ini menjadi salah satu terobosan yang bakal digulirkan untuk penguatan pangan di Kota Malang. 

Terlebih untuk menjaga keterjangkauan masyarakat terhadap bahan pangan. Baik dari segi ketersediaan dan juga stabilitas harganya. Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan mengatakan, Kios Pangan ini nantinya ditargetkan bisa langsung menyentuh masyarakat. 

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

"Hampir sama dengan Warung Tekan Inflasi. Akan di beberapa pasar dan kita rencana di 57 kelurahan, kios pangan itu akan kita adakan," ujar Slamet. 

Untuk waktu operasional, sementara ini Kios Pangan rencananya dapat beroperasi setiap hari. Berbeda dengan WTI yang beroperasi jika dibutuhkan, tepatnya saat inflasi sedang naik dan perlu dikendalikan. 

"Untuk operasional setiap hari akan buka. Untuk di kelurahan kita rencana melibatkan warga yang sudah memiliki kios yang mungkin perlu kita support dan kembangkan," terang Slamet. 

Untuk memastikan harga bahan pangan dapat dijangkau karena lebih murah, Pemkot Malang akan memberikan intervensi melalui skema subsidi. Sehingga, masyarakat dengan kebutuhan rumah tangga dapat tetap menjangkaunya. 

"Di sana nanti ada subsidi harga dari pemerintah yang jelas lebih murah dari pasaran. Nanti akan jual bahan pokok yang ada di pasaran seperti beras, minyak, telur, bawang merah, bawang putih," kata Slamet. 

Sementara ini, pihaknya masih melakukan pendataan untuk kios-kios yang memungkinkan dapat dijadikan kios pangan. Namun hal tersebut masih akan dilakukan secara bertahap. Sehingga belum dapat dibuka merata di 57 kelurahan se Kota Malang. 

Baca Juga : Cuma Ekspor Sapu Lidi, Kamu Bisa Jadi SultanĀ 

"Sementara kita membuka di beberapa titik dan melihat bagaiman respons para pelaku pemilik kios," imbuh Slamet. 

Selain itu, dalam pelaksanaannya nanti, Dispangtan akan berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Aneka Usaha (Tunas). Sebab saat ini, Perumda Tunas juga telah menggulirkan program serupa, meskipun masih dilakukan secara mobile. 

"Sementara sudah berjalan dari Perumda Tunas cuma mobiling, sehari bisa dua atau tiga kelurahan dalam rangka untuk stabilitas pasokan dan harga. Dan nanti yang lebih permanen kita usulkan kios pangan di setiap kelurahan," pungkas Slamet. 


Topik

Pemerintahan Pemkot Malang Kios Pangan sembako murah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri