Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisma Mengabdi, Langkah Kongkret Dorong Kemajuan Pendidikan dan SDM di Pulau Bawean 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Mar - 2024, 16:01

Para pimpinan Unisma melaksanakan kegiatan Unisma Mengabdi ke Pulau Bawean (ist)
Para pimpinan Unisma melaksanakan kegiatan Unisma Mengabdi ke Pulau Bawean (ist)

JATIMTIMES - Para pimpinan Universitas Islam Malang (Unisma), melaksanakan kunjungan kerja dalam tajuk 'Unisma Mengabdi' ke Pulau Bawean. Kegiatan di pulau yang terletak di Jawa Timur 120 km² di utara Gresik ini, menjadi salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di dalamnya terdapat aspek pengabdian masyarakat.

Dalam Unisma Mengabdi ini, diikuti oleh para Wakil Rektor (WR), mulai dari WR 1 Bidang Akademik, Prof Drs H Junaidi Mistar MPd PHd, Wakil Rektor 2, KH Noor Shodiq Askandar SE MM, Wakil Rektor 4, Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP, serta beberapa staf kampus dan dipimpin langsung oleh Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi.

2

Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi mengatakan, bahwa misi-misi strategis dibawa dalam kunjungan ini. Tentu misi tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian, peningkatan kualitas sumber daya manusia.

1

Sehingga, kehadiran Unisma ini menjadi sebuah harapan dan solusi dalam memecahkan berbagai kendala pendidikan di daerah, penggalian potensi daerah maupun dalam upaya pengembangan dan pelaksanaan program terstruktur sesuai dengan misi yang diusung.

5

"Unisma Mengabdi ini berlangsung mulai dari 29 Maret 2024 hingga 4 Maret 2024 dan diisi dengan berbagai kegiatan strategis," jelas Rektor.

6

Serangkaian kegiatan telah terjadwal. Tentunya, kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan positif dan dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan maupun SDM yang ada di Pulau Bawean. 

Dimulai dari konsolidasi dan penguatan kapasitas organisasi PCNU dan PC LP Ma'arif Bawean. Kemudian, bakti sosial dan pengobatan gratis kerjasama FK UNISMA dengan PCNU Bawean. 

7

Berlanjut kegiatan peningkatan sumber daya manusia di lembaga pendidikan dengan peserta guru maupun kepala sekolah. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi dan memperkuat sinergi dengan dengan Rois Syuriah PCNU Bawean.

Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM, tentunya  merupakan merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

8

Kegiatan selanjutnya adalah dengan memberikan wawasan terkait jiwa leadership kepada SDM di Pulau Bawean. Hal ini dilakukan melalui Studium General tentang "Kepemimpinan Pendidikan Transformatif guna Membangun Peradaban".

Baca Juga : Stabilkan Harga Bahan Pokok, DPRD Minta Pemprov Jatim Perbanyak Titik Operasi Pasar

Agenda berikutnya yang dilakukan oleh para pimpinan Unisma adalah melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan alumni Unisma Ikatan Alumni Pesantren Tebu Ireng (IKAPETE).

9

Lebih dari itu, nantinya juga dilakukan kajian memperingati Isro' Mi'roj, Safari Pondok Pesantren dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri (STAIHA) Bawean.

Dengan kegiatan Unisma Mengabdi ini, diharapkan berdampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan maupun  SDM di Pulau Bawean lebih maju dan memiliki kreativitas serta inovasi yang cemerlang.


Topik

Pendidikan Unisma Universitas Islam Malang Maskuri Unisma Mengabdi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri