Banyak Sekolah di Lombok Rusak Parah, Diknas Kota Malang Bantu Bangun Fasilitas Pendidikan

Aug 25, 2018 08:07
Puing-puing bangunan yang rusak pasca gempa di Lombok (kabar24.bisnis.com)
Puing-puing bangunan yang rusak pasca gempa di Lombok (kabar24.bisnis.com)

MALANGTIMES - Bencana Alam seperti gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memang banyak menimbulkan kerusakan berbagai infrastruktur fasilitas umum. 

Mulai dari fasilitas pengobatan, fasilitas transportasi, fasilitas perbelanjaan serta termasuk fasilitas pendidikan rusak porak poranda akibat gempa dahsyat yang terjadi secara berulang. Sehingga banyak siswa yang tak bisa sekolah akibat fasilitas yang rusak.

Data yang diumumkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu (12/8/2018), sebanyak 606 sekolah di NTB terdampak mengalami kerusakan.  Dari situ, terperinci, 3051 ruang kelas mengalami kerusakan dan 1460 diantaranya mengalami kerusakan berat.

Melihat hal itu, membuat banyak pihak merasa prihatin serta menunjukan kepeduliannya untuk membantu para siswa di Lombok, NTB, salah satunya adalah Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang. 

Kepala Dindik Kota Malang, Zubaidah mengungkapkan, saat ini dindik berupaya membantu semaksimal mungkin dengan mengumpulkan bantuan untuk membangun fasilitas pendidikan yang rusak di Lombok.

"Seluruh Diknas dan Pemerintah Daerah (Pemda) sudah diimbau untuk mengumpulkan dana biar terwujud nantinya. Dan saat ini kita sendiri sudah terkumpul sebesar Rp 400 juta," jelasnya.

Lanjutnya, Rp 400 juta tersebut masih dalam tahap awal, namun selanjutnya, pihaknya masih akan terus menerima bantuan atau uluran tangan dari para dermawan untuk membangunkan kembali fasilitas pendidikan yang begitu penting.

"Kita sudah koordinasi dengan Kemendikbud. Dan nanti ada ahli teknik yang mengerjakan dari kita, tapi kerjasama dengan Kementerian," pungkasnya.

Topik
Diknas Kota Malanggempa lombokbantuan pendidikan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru