Para peserta UM iCamp 2018 tiba di Malang sejak Kamis (23/8/2018) kemarin (Istimewa)
Para peserta UM iCamp 2018 tiba di Malang sejak Kamis (23/8/2018) kemarin (Istimewa)

MALANGTIMES - UM iCamp kembali digelar untuk ke tiga kalinya. Puluhan mahasiswa asing dari 49 negara akan belajar bahasa dan budaya Indonesia, tanpa kecuali budaya Malangan selama 10 hari ke depan.

Ketua pelaksana UM iCamp 2018, Nabhan F. Choiron, S.S., M.A mengatakan, total ada 60 peserta yang turut dalam kegiatan summer camp tahunan Universitas Negeri Malang itu. Sementara total pendaftarnya mencapai hampir 500 orang dari 49 negara.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

"Nantinya pelaksanaan UM iCamp 2018 berlangsung selama 10 hari dan akan banyak sekali pengalaman yang diterima oleh mahasiswa," katanya pada wartawan, Jumat (24/8/2018).

Dalam pengarahan Welcome Session UM iCamp 2018 yang dilakukan pada Jumat (24/8/2018), menurutnya ada banyak pengalaman menarik yang disampaikan para peserta. Sebagian dari mereka sangat tertarik dengan budaya Indonesia khususnya Malang. Banyak pula diantara mereka yang merasa senang dengam cuaca hangat Kota Malang. 

"Dalam sesi tersebut, para peserta diberikan pengarahan tentang pelaksanaan UM iCamp. Selanjutnya diperkenalkan para LO yang akan mendampingi mereka selama pelaksanaan acara ini nanti," jelasnya.

Sementara itu, Girmaw Ashebir Sishaw, peserya UM iCamp 2018 dari Ethiopia menyampaikan rasa bahagianya bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Karena ia menilai kegiatan summer camp yang diadakan UM tersebut bagus dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan baru.

“Acara ini bagus, karena saya bisa mengenal berbagai budaya di dunia dari teman-teman peserta UM iCamp 2018. Selain itu juga bisa menambah relasi yang sangat penting bagi saya. Saya akan sangat bersemangat selama 10 hari kedepan untuk bisa mengenal budaya Indonesia khususnya di Malang,” katanya.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

UM iCamp ini sendiri merupakan program international summer camp tahunan Universitas Negeri Malang melalui Kantor Hubungan Internasional. Program ini memungkinkan siswa internasional untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia. Acara tahunan ini sudah berlangsung selama tiga kali sejak 2016.

Tahun ini, UM iCamp 2018 mengusung tema Broaden Your Vistas, Embark on Cultural Ventures, mengingat Indonesia kaya akan bahasa, seni, dan budaya. Selain itu, UM iCamp 2018 juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional yang berpartisipasi untuk mempelajari berbagai seni dan budaya secara langsung untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman serta memperluas pandangan mereka.

Program ini mengajak peserta untuk tumbuh sebagai individu yang belajar siap untuk menerima kegiatan transformatif. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kegiatan pendidikan dan sosial budaya di seluruh sesi, menumbuhkan semangat berkelanjutan siswa sebagai anggota masyarakat yang belajar bertanggung jawab untuk kemajuan masyarakat yang lebih baik.