Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Timnas Basket Putra Asah Kerja Sama Jelang Lawan Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

17 - Feb - 2024, 17:13

Timnas Basket Putra (putih) saat menghadapi Satria Muda dalam laga ujicoba (foto: Perbasi for JatimTIMES)
Timnas Basket Putra (putih) saat menghadapi Satria Muda dalam laga ujicoba (foto: Perbasi for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Timnas Basket Putra menggelar uji coba perdana jelang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 dengan melawan Satria Muda. Pertandingan yang berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan itu berakhir dengan skor imbang 83-83.

Pertandingan digelar dengan waktu normal, namun tanpa ada overtime mengingat hanya laga ujicoba. Setelah skor sama dan waktu habis, laga pemanasan ini disudahi setelah Kaleb Ramot mampu mencetak tiga angka pamungkas untuk samakan kedudukan yang sebelumnya 80-83.

Baca Juga : Relawan dan Kader PDIP Surabaya Pantau Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Cegah Kecurangan

Kaleb merupakan satu-satunya pemain senior di skuad Timnas Basket Putra. Pada 30 Mei nanti, usianya memasuki 33 tahun. Dia pun seakan ngemong pemain lainnya yang lebih muda.

“Enaknya nurut semua sih mereka. Jadi saya ngomong apa, mereka nurut,” ungkap Kaleb pada rilis resmi dari Perbasi, Sabtu (17/2/2024).

Kaleb mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari uji coba melawan Satria Muda. Menurutnya, bermain dengan perbedaan size menjadi pengalaman tersendiri.

“Yang pasti size ya, Satria Muda kan punya size dan punya pemain asing yang keduanya juga jago, jadi kita bisa belajar. Jadi nanti semoga melawan Thailand kita sudah biasa gitu,” terang Kaleb.

Timnas Basket Putra sendiri saat ini tengah menyiapkan diri untuk menghadapi Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Window 1, mereka akan menghadapi Thailand di kandangnya pada 22 Februari 2024.

Kemudian giliran Indonesia menjadi tuan rumah saat menjamu Australia pada 25 Februari 2024. Indonesia di fase ini juga bersaing dengan Korea Selatan di Grup A.

Sebagai pelatih, Milos Pejic mengapresiasi kinerja anak asuhnya di uji coba melawan Satria Muda. Menurutnya, ini adalah pertandingan uji coba pertama selama training camp hadapi Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025.

“Kami masih sisakan satu uji coba lagi. Kami akan maksimalkan waktu yang ada menyiapkan tim sebaik mungkin untuk hadapi pertandingan pertama di Bangkok,” jelas Milos usai ujicoba melawan Satria Muda.

Baca Juga : Rektor Unisma Lepas 502 Peserta KSM di Malang Raya dan Thailand 

Milos mengaku sangat butuh kerja keras, karena tim yang dibangunnya merupakan muka baru. Hanya menyisakan Vincent Kosasih dan Agassi Goantara dari skuad peraih emas di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

“10 pemain lainnya tidak dipanggil karena kami ingin mempercayakan kepada pemain muda. Kami ingin mencetak pemain muda yang berpengalaman nantinya,” ungkap Milos.

Saat ini Milos mengaku timnya sedang dalam fase berproses. Mencoba memberikan yang terbaik yang dimiliki. “Kami sedang belajar bermain sebagai tim. To play all for one and one for the team. Itu yang terpenting,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager Timnas Basket Putra Rony Gunawan menjelaskan, regenerasi Timnas ini memang butuh proses. Pemain yang disiapkan ini memang untuk jangka panjang.

Rony pun menjelaskan bahwa kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 ini merupakan bagian dari proses pembentukan tersebut. Diharapkan para pemain muda ini matang ketika menghadapi SEA Games 2025 Thailand.

“Target kami dengan pembentukan tim muda ini bukan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Proses pembentukan tim ini akan siap ketika SEA Games 2025 Thailand,” ujar Rony.


Topik

Olahraga Timnas basket timnas basket putra satria muda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya