Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Jamin Kesehatan Atlet PON XXI/2024, KONI Jatim Gandeng RSUD Dr Soetomo

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Feb - 2024, 07:48

KONI Jatim bekerja sama dengan RSUD Dr Soetomo.
KONI Jatim bekerja sama dengan RSUD Dr Soetomo.

JATIMTIMES - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) terus mematangkan persiapan tim yang bakal dikirim ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Persiapan tersebut tak terkecuali terkait aspek kesehatan atlet yang akan bertanding. 

Demi menjamin kesehatan atlet Jatim pada even yang digelar di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh pada 8-20 September 2023 itu, KONI Jatim menggandeng RSUD Dr Soetomo Surabaya. Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan, kerja sama dengan RSUD Dr Soetomo sangatlah penting.

Baca Juga : Gunakan APBN Rp 125 Miliar, Pembangunan SPAM Kaligoro Capai 60 Persen

Dia menjelaskan, kerja sama ini dilakukan terutama dalam rangka memberi jaminan bagi atlet yang cedera agar segera pulih. Apalagi, pelaksanaan PON XXI/2024 Aceh-Sumut tersisa beberapa bulan saja. 

Dikatakan Nabil, kerja sama antara KONI Jatim dan RSUD Dr Soetomo sebenarnya bukan hal baru. Pasalnya, selama ini KONI Jatim juga sudah bekerja sama dengan RSUD Dr Soetomo untuk menjaga kesehatan atlet, terutama saat mereka mengalami cedera, termasuk juga soal gizi dan sport science.

Namun, tidak terbatas pada hal itu, KONI Jatim juga mendorong agar kerja sama ini ke depan bisa berlanjut dalam hal yang lain, seperti dukungan tim kesehatan dari RSUD Dr Soetomo saat pelaksanaan PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Nabil juga berharap atlet-atlet yang usai menjalani Babak Kualifikasi PON XXI/2024 tidak menutup-nutupi bila cedera agar segera bisa ditangani. 

“Bagaimana agar atlet tidak menutup-nutupi ketika cedera karena takut dicoret dari Puslatda. Ujung-ujungnya saat tampil di PON malah ketahuan cederanya,” jelas Nabil, dikutip pada Jumat (16/2/2024). 

Untuk pembiayaan sendiri, lanjut Nabil, atlet tidak perlu khawatir karena seluruhnya sudah dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga mendapat penanganan prima tanpa mengeluarkan uang. Dengan kerja sama ini, ia berharap seluruh atlet dapat sangat siap terutama kesehatannya menghadapi PON XXI 2024 Aceh - Sumut. 

Kerja sama antara KONI Jatim dan RSUD Dr Soetomo ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Ketua KONI Jatim M. Nabil dengan Dirut RSUD Dr Soetomo Prof Dr dr Cita Rosieta Sigit Prakoeswa Sp DVE di Ruang Abiyoso RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Kamis (15/2/2024). Dirut RSUD Dr Soetomo Prof Cita Rosita Sigit Prakoeswa Sp DVE menyambut baik kerja sama tersebut.

Baca Juga : Real Count KPU Pileg Pagi Ini: PDI-P 17,4%, Golkar 13,8%, Gerindra 12,39%

Ia berkomitmen memberikan yang terbaik bagi atlet Jatim sehingga dapat mempertahankan prestasinya. Dalam penanganan atlet, Cita mengatakan, di RSUD Dr Soetomo ada beberapa spesialisasi mulai dari pelayanan sport klinik, spesialis ortopedi, spesialis fisiologi, ahli gizi, rehabilitasi medik, hingga psikologi.

"Kami berharap banyak ke depan semua aspek promotif, preventif, kuratif dan rahibilitatif atlet Jatim bisa diterapkan. Promotif bagaimana mengedukasi, kemudian preventif kita tahu ada primer, sekunder, tertier prevention untuk atlet karena bagaimana pun promosi preventif lebih baik dari terapi ketika mereka mengalami cedera," ujarnya.

Lebih lanjut, Prof Cita menambahkan, RSUD Dr Soetomo sangat siap melakukan penanganan cedera atlet Jatim terutama tindakan operasi dan rehabilitasi medis dengan adannya Sport Clinic yang dimiliki. 

“Sport Clinic ada dr Andre Triadi Desnantyo, Sp OT (K) dan timnya  sedangkan di rehabilitasi medis ada Dr dr Damayanti Tinduh, Sp FKR MS (K) yang selama ini sudah banyak menangani cedera atlet Jatim,” pungkas Prof Cita.


Topik

Olahraga Atlet PON XXI/2024 koni jatim RSUD Dr Soetomo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni