Float atau pelampung berbentuk unicorn laris manis disewa pelajar dan wisatawan di Malang (foto Fanila Float for MalangTIMES)
Float atau pelampung berbentuk unicorn laris manis disewa pelajar dan wisatawan di Malang (foto Fanila Float for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pelampung renang tampil makin berwarna. Bila biasanya pengaman berenang itu tampil bundar berwarna hitam, maka kini pelampung bersolek dengan aneka bentuk dan warna. Di Malang, aneka pelampung atau float ini ternyata laris manis disewakan.

Float kekinian tampil dalam bentuk hewan-hewan seperti burung flamingo, unicorn (makhluk berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral) dan bebek. Bentuk-bentuk lucu dan menggemaskan itu laris manis disewakan di berbagai kolam renang terutama vila-vila yang ada di Kota Batu.

"Kalau musim liburan malah bisa dua kali lipat sewa float ini. Dan untuk pelampung yang kami sewakan memang yang sedang tren. Kami ambil dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk yang sewa macam-macam mulai pelajar hingga keluarga," ungkap Fathur Rahman Syabani, salah seorang pemilik usaha sewa pelampung kekinian pada MalangTIMES, Rabu (22/8/2018). 

Fathur menjelaskan float kekinian yang mereka tawarkan dipatok dengan tarif berbeda. "Ada hari biasa dan weekend. Untuk tarif mulai Rp 60 ribu sampai dengan Rp 80 ribu," ucap Fathur yang mulai buka usaha Fanila Float sejak Agustus tahun lalu itu.

Ia menjelaskan float kekinian digemari karena lebih lebar ketimbang pelampung biasa. Selain itu, bagi yang enggan berenang tidak perlu menceburkan diri ke air. 

"Saya buka usaha ini bareng tiga orang teman saya yang lain. Dan sebelum usaha ini kita juga ada usaha lain tapi karena melihat belum banyak yang coba ya kita pilih usaha sewa float. Harga beli pelampung kekinian ini sebenarnya cukup lumayan makanya kita sewakan saja," tuturnya.

Pria berusia 25 tahun ini menjelaskan usaha sewa float yang mereka gagas banyak terbantu dengan adanya media sosial.

"Kita pakai Instagram dengan nama @sewafloatmalang. Meski baru setahun dalam sebulan empat sampai lima float kita bisa sewakan. Dan tiga sampai enam bulan sekali kita update baru," katanya. (*)