Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Diduga Keracunan Kaporit, Sejumlah Atlet Nasional di Malang Dilarikan ke Rumah Sakit

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

22 - Aug - 2018, 15:55

Plt. Walikota Malang Sutiaji Saat Melihat Langsunh Kondisi Atlet yang Pingsan Saar Berlatih di Kolam Renang Stadion Gajayana Malang, Selasa (21/8/2018) (Istimewa)
Plt. Walikota Malang Sutiaji Saat Melihat Langsunh Kondisi Atlet yang Pingsan Saar Berlatih di Kolam Renang Stadion Gajayana Malang, Selasa (21/8/2018) (Istimewa)

MALANGTIMES - Sejumlah atlet renang dilarikan ke Rumah Sakit Tangkuban Perahu di tengah-tengah proses pelatihan yang dilakukan di kolam renang Stadion Gajayana pada Selasa (22/8/2018) sore.

Dugaan sementara, pingsannya para atlet dikarenakan mereka keracunan kaporit atau zat pembersih dan penjernih air.

Baca Juga : UM Sebut Ada Sejumlah Dosen yang Kontak dengan Dosen Positif Covid-19

Salah satu atlet yang dilarikan ke rumah sakit, Izzy Dwifaiva (13 tahun) menyampaikan jika kejadian yang menimpanya tersebut merupakan yang ke dua kalinya. Karena pada Minggu (19/8/2018) ia juga pingsan saat sedang berlatih. 

"Minggu saya berlatih dan pingsan, kemudian sore tadi juga mengalami hal yang sama," kata atlet yang baru saja mengharumkan Kota Malang dalam ajang Kejurnas Kelompok Umur 3 Tahun 2018 dengan neraih emas itu pada wartawan, Selasa (22/8/2018).

Pada Minggu (19/8/2018) sore, Izzy sempat melihat seorang petugas yang menuangkan kaporit dengan ukuran gentong besar pada salah satu sisi kolam.

Kaporit pun dituangkan secara langsung dengan tanpa dicampur air terlebih dulu.

Pasca mendapat pemeriksaan dan perawatan dari dokter, Izzy langsung diperbolehkan pulang. Tapi disarankan oleh dokter untuk tidak memaksakan diri berlatih terlebih dulu.

Sementara itu, Plt. Walikota Malang Sutaiji menyampaikan, penyebab pingsannya para atlet renang tersebut sampai sekarang masih belum diketahui. Karena saat ini, air kolam renang masih dalam tahap ujian laboratorium.

"Masih dilakukan uji lab pada air kolam dan juga darah para atlet. Hasilnya sampai hari ini belum keluar," katanya pada wartawan, Rabu (22/8/2018).

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Dia pun meminta agar untuk sementara waktu kolam renang ditutup dan tidak digunakan latihan, baik oleh masyarakat umum ataupun para atlet.

Imbauan tersebut disampaikan Sutiaji sampai hasil lab dari Dinas Kesehatan Kota Malang resmi dikeluarkan.

Sementara saat tim MalangTIMES melihat langsung kondisi kolam renang, di depan pintu gerbang tertulis jika kolam ditutup pada Rabu (22/8/2018) karena berkaitan dengan perayaan hari raya Idul Adha, dan akan kembali dibuka pada Kamis (23/8/2018) besok.

"Bersama ini Kami Beritahukan Kepada Bapak/Ibu Pengunjung dan Pelanggan Kolam Renang Stadion Gajayana Malang Pada Hari Rabu Tanggal 22 Bukan Agustus 2018 Libur Untuk Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan Buka Kembali Pada Hari Kamis Tanggal 23 Bulan Agustus 2018," demikian isi pengumuman yang terpampang pada tembok pintu gerbang Kolam Renang Stadion Gajayana Malang.


Topik

Peristiwa Keracunan-Kaporit Atlet-Nasional-di-Malang kolam-renang-Stadion-Gajayana


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto