Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sistem pembayaran retribusi pasar secara elektronik atau e-retribusi sudah dilaksanakan sejak awal Agustus ini. Meski masih belum semua pasar menerapkannya, program ini diyakini mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto menyampaikan, saat ini ada delapan pasar yang sudah menerapkan sistem e-retribusi. Ke delapan pasar itu adalah Pasar Kotalama, Pasar Talun, Pasar Klojen, Pasar Buku Wilis, Pasar Bareng, Pasar Oro-Oro Dowo, Pasar Nusakambangan, dan Pasar Kedungkandang. 

"Total ada 27 pasar dengan jumlah pedagang mencapai enam ribu orang lebih. Secara bertahap program ini akan kami terapkan ke seluruh pasar," katanya pada wartawan baru-baru ini.

Sistem pembayaran yang menggandeng Bank Jatim itu menurut Wahyu berperan besar dalam peningkatan PAD. Karena dapat meminimalisir adanya kebocoran retribusi yang dimungkinkan karena pedagang yang terlewat sehingga tak membayar retribusi saat ditarik petugas.

Kemudahan melalui sistem e-retribusi menurutnya juga membuat pedagang lebih rajin melakukan pembayaran. Hal itu juga sudah ia buktikan melalui retribusi yang didapat dari beberapa pasar yang sudah menerapkan e-retribusi. 

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Salah satunya Pasar Kota Lama. Di mana saat ini retribusi yang diterima mencapai Rp 200 ribu per hari. Sementara saat masih menggunakan sistem manual, retribusi yang didapat hanya sebesar Rp 110 ribu. 

Kondisi itu membuat Wahyu optimis. Sehingga, target retribusi yang awalnya sebesar Rp 4,9 Miliar dinaikkan menjadi Rp 5,5 Miliar sepanjang 2018. Target tersebut menurut Wahyu dapat tercapai, salah satunya melalui program e-retribusi.

"Kami berharap dalam waktu dekat para pedagang bisa merasakan manfaat e-retribusi ini," pungkasnya.