Olahan kulit ayam dipadu telur mata sapi dengan saus spesial ala Jepang di Malang (foto Kulit Kejut for MalangTIMES)
Olahan kulit ayam dipadu telur mata sapi dengan saus spesial ala Jepang di Malang (foto Kulit Kejut for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagi beberapa orang kulit ayam dianggap berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa lemak yang terkandung dalam telur ayam justru baik bagi kesehatan.

Berdasarkan studi Harvard School of Public Health dan Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu ons kulit ayam mengandung delapan gram lemak tak jenuh (jenis lemak baik) dan hanya satu gram lemak jenuh.

Apa saja olahan kuliner kulit ayam? Ada banyak, mulai kulit ayam crispy sampai kuah kulit ayam. Nah, di Kota Malang ada olahan kulit ayam yang dipadu dengan telur mata sapi. Spesialnya lagi adalah saus yang dituangkan ke atasnya.

Olahan kulit ayam ala Malang diberi label Kulit Kejut (Instagram @kulitkejut). Pemiliknya adalah sepasang suami-istri muda yakni Wisnu Ari Sudewo dan Challista Eka Putri. Dari dapur mereka di kawasan Perumahan Permata Jingga, keduanya mengolah sendiri masakan berbahan dasar kulit ayam itu.

"Kulit ayam digoreng dengan menggunakan tepung, lalu kami membuat sebagai pelengkapnya adalah telur mata sapi. Di atas kulit ayam goreng itulah kami campur dengan saus spesial," kata Challista pada MalangTIMES.

Saus yang dihidangkan di atas kulit ayam, menurut Challista, merupakan olahan sang suami yang gemar dengan aneka olahan masakan dari berbagai negara.

"Karena suami aku juga punya semacam restoran dan usaha ini merupakan usaha rumahan juga jadi kami buat yang sausnya enak tapi enggak mahal. Jenis sausnya resepnya bagaimana masih rahasia dapur ya," kata alumnus Universitas Brawijaya ini.

Sebagai pendamping makan kulit ayam, mereka menghidangkan telur mata sapi. Hidangan ini terbuat dari telur yang digoreng dengan minyak goreng panas tanpa diaduk terlebih dahulu. Orang juga menyebutnya dengan istilah telur ceplok.

Challista mengakui usaha mereka tergolong baru beberapa bulan saja. "Pertengahan 2018 baru bikin. Dalam sehari juga masih 30-an pesanan saja karena aku dan suamiku sendiri yang buat di rumah lalu dipasarkan melalui Go-Send saja," ujar dia.

Dihidangkan di tempat sejenis kotak nasi berbentuk mangkuk, kulit ayam berpadu telur mata sapi saus spesial itu dibanderol Rp 15.000. (*)