MALANGTIMES - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang terus meningkatkan kinerjanya dalam memenuhi ekspektasi masyarakat. Khususnya dalam pembangunan jalan dan jembatan yang ada di 33 wilayah kecamatan di Kabupaten Malang. 

Kinerja menangani persoalan jalan khususnya, bukanlah perkara mudah di Kabupaten Malang yang memiliki panjang sekitar 14.277,31 kilometer (Km). Total panjang jalan tersebut terdiri dari jalan negara atau nasional, jalan provinsi, kabupaten dan jalan desa/kelurahan. 

Hal ini pula yang kerap menjadikan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang kena getahnya saat berbagai ruas jalan mengalami kerusakan. Seperti kerap disampaikan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang yang menyampaikan,  pihaknya memang kerap mendapat getah tersebut, padahal kewenangannya bukan berada di pihaknya. 

"Sudah biasa kalau itu. Ini karena ketidaktahuan masyarakat mengenai hal tersebut. Yang pasti kita terus memberikan pelayanan terbaik untuk pembangunan jalan," kata Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang,  Kamis (16/8/2018). 

Pernyataan tersebut diperlihatkan dengan hasil capaian di tahun 2017 lalu serta target di tahun ini yang terus ditingkatkan. 

Dari data Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, capaian kinerja penanganan infrastruktur jalan dan jembatan tahun 2017, untuk panjang jalan dalam kondisi baik mencapai 66,45 persen. Sedangkan untuk jembatan yang sesuai dengan standar teknis mencapai 53,64 persen. 

Capaian kinerja tersebut relatif mampu memberikan kepuasaan terhadap harapan masyarakat di Kabupaten Malang. Walau pun masih terlihat beberapa ruas jalan yang membuat tidak nyaman,  baik karena bergelombang, banyaknya tambal sulam serta lubang di wilayah Kabupaten Malang. Tapi, kata Romdhoni,  ruas-ruas jalan tersebut lebih banyak merupakan jalan berstatus nasional maupun provinsi. 

"Seperti Jalan Panji,  Kepanjen,  ini bukan wilayah kita. Tapi jalan nasional,  tapi kalau ada rusak-rusak dikit kita juga langsung memperbaikinya. Seperti jalan berlubang,  kita tambal saja daripada menunggu," ujar Romdhoni. 

Capaian kinerja 2017 lalu, kini terus ditingkatkan oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. Di tahun 2018, peningkatan jalan kabupaten dengan kondisi baik dari 66,45 persen ditarget menjadi 68,25 persen. Naik sekitar 2 persen di tahun lalu. Sedangkan untuk jembatan yang berstandar naik jadi 55,89 persen dari 53,64 persen. 

"Target memang kita naikkan dalam pembangunan. Hal ini juga untuk mengikuti perkembangan yang pesat dalam pembangunan. Kita optimis bisa mencapai target di tahun ini, " pungkas  mantan Kadis Cipta Karya Kabupaten Malang.