Ketua Senat UM, Prof Suko Wiyono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Ketua Senat UM, Prof Suko Wiyono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dari lima kandidat bakal calon Rektor Universitas Negeri Malang (UM) hanya empat calon yang lolos secara administrasi.

Empat calon tersebut yakni Prof Dr AH Rofiuddin MPd, Prof Dawud MPd, Dr Isnandar MT dan Prof Dr Nurul Murtadho MPd.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

Dari empat calon tersebut tiga di antaranya berasal dari Fakultas Sastra. Hanya satu calon yakni Dr Isnandar MT yang berasal dari Fakultas Teknik. 

Sedangkan satu kandidat bakal calon rektor yang tidak lulus adalah Dr Eddy Sutadji MT, Sekretaris LP3 UM. 

Setelah itu, empat calon Rektor UM tersebut nantinya akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni pengundian nomor dan juga sesi foto untuk sosialisasi daftar calon rektor yang akan dicetak pada baliho atau banner.

Informasi yang beredar di internal UM, keempat figur calon rektor tersebut mulai berebut pengaruh. Masing-masing calon mulai mendekati para senat dari berbagai latar belakang organisasi kemahasiswaan. 

Seperti diketahui, Prof Dr AH Rofiuddin M Pd (incumbent) merupakan sosok yang diusung para senat dengan latar belakang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Sementara, Prof Dr Dawud M.Pd merupakan figur yang sejak awal didukung oleh para senat dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). 

Dua figur yang lain yakni Prof Dr Nurul Murtadho MPd dan Dr Isnandar MT merupakan sosok baru dalam pertarungan politik di kampus pendidikan ini. Keduanya, dinilai oleh sebagian kalangan sebagai figur yang tidak bernaung di bawah dua organisasi kemahasiswaan tersebut.

Bagaimana dengan para senat dari kelompok Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang jumlahnya juga sangat signifikan di UM?

Informasi yang beredar, karena HMI tidak memiliki figur langsung yang mewakili, maka para senat sedang menjadi incaran incumbent yang saat ini mulai melakukan pendekatan dan komunikasi intensif dengan para senat dari kelompok ini. 

Baca Juga : Rektor UM Benarkan Ada Dosen yang Positif Covid-19

Ketua Senat UM, Prof Suko Wiyono mengungkapkan bahwa pengumuman lolosnya empat calon rektor tersebut disampaikan dalam rapat Senat UM yang digelar Selasa (14/8/2018).

"Dan selanjutnya besok (16/8/2018) akan ada pengundian nomor calon serta sesi foto para calon mengenakan jas. Foto dan nomer urut ini bakal dipakai di surat suara," ungkapnya ditemui di Kampus Wisnu Wardhana (15/8/2018).

Lanjut Suko, ia juga menyampaikan, terkait tidak lolosnya Dr Eddy Sutadji MT, Sekretaris LP3 UM, karena memang dalam aturan menteri untuk aspek manajerial minimal harus pernah jadi ketua jurusan.

"Atau minimal ketua lembagalah. Tapi kan ini Pak Eddy masih sekretaris LP3 UM, jadi itu belum cukup," jelasnya.

Sementara itu, ditanya lebih lanjut, terkait dukung mendukung calon, Prof Suko Wiyono, hanya tersenyum sembari mengatakan, bahwa semua calon punya kesempatan yang sama. 

"Semua calon teman. Nggak ada pembicaraan khusus atau lobi-lobi. Lagi pula saya nggak mau itu, semua punya kesempatan yang sama," pungkasnya.