MALANGTIMES - Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang, Hj Jajuk Rendra Kresna menyampaikan momen acara Karang Pamitran Nasional 2018 yang digelar di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading sekaligus mendongkrak promosi pariwisata di Kabupaten Malang.

Hal itu ditegaskan Jajuk Rendra Kresna ketika meninjau lokasi digelarnya acara akbar pramuka se-Indonesia itu, Senin (13/8/2018) sore.

Sebelumnya, Jajuk Rendra Kresna meninjau lokasi acara dengan melihat para peserta sedang serius melaksanakan gladi bersih untuk menyukseskan acara pembukaan KPN dan Hari Pramuka pada (14/8/2018) besok.

Usai melihat gladi bersih, istri Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna ini mengunjungi fasilitas yang diberikan Pemerintah Kabupaten Malang seperti tenda dan kamar kecil yang diperuntukkan bagi peserta pramuka yang akan dihadiri sekitar 5 ribuan orang se-Indonesia itu.

Tak hanya meninjau tenda saja, perempuan berhijab itu juga mengunjungi stand bazar kuliner dan oleh-oleh khas Malang seperti kopi, handicraft, keripik buah dan merchandise KPN 2018.

"Pastinya kami bangga dan berterima kasih Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah KPN 2018," ucap Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang, Hj Jajuk Rendra Kresna kepada MalangTIMES.

"Karena daerah lain yang ingin menjadi tuan rumah seperti ini banyak dan antre, karena terakhir KPN itu digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur," kata perempuan yang juga menjabat Ketua TP PKK Kabupaten Malang itu.

Menurutnya, menjadi tuan rumah KPN 2018 dirinya mengungkapkan bahwa Pemkab Malang ingin memberikan fasilitas yang terbaik bagi peserta.

"Selain memberikan kenyamanan terbaik bagi peserta pramuka, sekalian kami mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang," terangnya.

Bahkan dirinya menanyakan ke peserta KPN 2018 terkait pelayanannya, para peserta merasa senang dan disambut dengan baik.

"Kami tadi menanyakan ke beberapa peserta bagaimana disini?. Sangat bagus bu saya terima kasih atas pelayanannya mulai mereka datang ke Malang menuju Kabupaten Malang menuju pos 1 di Tamanasri untuk registrasi peserta semuanya berjalan lancar," tegasnya.

Jajuk juga menyampaikan alasan Desa Lebakharjo ditunjuk sebagai tuan rumah KPN 2018 karena desa ini sudah ditetapkan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna sebagai desa wisata berbasis pramuka.

Terbukti, nama jalan di wilayah Desa Lebakharjo memakai istilah kepramukaan seperti jalan sangga, siaga putri, simbol Dasa Dharma Pramuka, Tri Satya, Reka Ambalan dan simbol pramuka lainnya.

Tak hanya itu saja, Desa Lebakharjo juga pernah menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Asia Pasifik tahun 1978 dan tempat digelarnya World Community Development Camp (Comdeca) pada tahun 1993.

"Kami berpesan kepada peserta pramuka se-Indonesia bahwa inilah Desa Lebakharjo yang memiliki sejarah pramuka yang sudah tersohor di tingkat nasional maupun dunia," pungkasnya.