Ruas jalan menuju salah satu wisata di Ampelgading. Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang terus tingkatkan akses jalan yang nyaman,  khususnya untuk kegiatan KPN 2018 di Lebakharjo, Ampelgading (Ist)

Ruas jalan menuju salah satu wisata di Ampelgading. Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang terus tingkatkan akses jalan yang nyaman, khususnya untuk kegiatan KPN 2018 di Lebakharjo, Ampelgading (Ist)


Pewarta

Dede Nana

Editor

Heryanto


MALANGTIMES - Kabupaten Malang ditunjuk sebagai tuan rumah acara Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 yang akan digelar tanggal 13-19 Agustus 2018 di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. Sebuah acara ke-pramuka-an yang direncanakan akan diikuti peserta dari seluruh pelosok Indonesia dengan jumlah mencapai 5.100 orang.

Tentunya, dengan banyaknya peserta yang akan hadir serta bersifat nasional tersebut, membuat pemerintah kabupaten (pemkab) Malang sejak beberapa hari lalu terus mempersiapkan berbagai hal di lokasi kegiatan. Seperti mempersiapkan akses jalan menuju lokasi KPN yang nantinya akan dilewati ribuan peserta tersebut.

Seperti diketahui jalan menuju wilayah Ampelgading, terbilang cukup ekstrim. Dengan berbagai tanjakan, jurang maupun tikungan-tikungan yang tentunya bagi pengendara yang belum familiar cukup berbahaya. Kondisi inilah yang salah satunya diminimalisir oleh pemkab Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni menyampaikan, bahwa dengan kondisi jalan di wilayah Ampelgading, khususnya yang menuju lokasi acara, pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk mempersiapkan akses jalan tersebut.

"Kita koordinasi tentunya untuk mengatasi persoalan tersebut. Untuk kita tentunya fokus pada perbaikan dan pembangunan jalannya. Baik jalan akses ke lokasi kegiatan maupun akses jalan keluar dari lokasi. Ini  untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia," kata Romdhoni, Minggu (12/8/2018).

Pemkab Malang melalui Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang menggelontorkan dana lebih dari Rp 4 miliar untuk melakukan perbaikan dan pembangunan jalan di lokasi tersebut. Khususnya, untuk perbaikan jalan menuju lokasi kegiatan di Lebakharjo. Sedangkan untuk jalur keluar atau masuk dari wilayah Lumajang sepanjang 6 kilometer (Km), sampai saat ini terus dilakukan pembangunannya.

"Kalau yang pembangunan jalan dari Purwoharjo ke Lebakharjo sebagai akses masuk dan keluar dari Lumajang, memang belum bisa tuntas. Tapi sudah bisa dilewati. Kita perbaiki jalan-jalan yang masuk ke lokasi kegiatan dulu, sehingga pada saatnya bisa dengan nyaman dilewati peserta," ujar Romdhoni yang juga menyampaikan untuk semakin memberikan rasa nyaman serta keselamatan berkendaraan ke wilayah Lebakharjo dari berbagai titik, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang.

Kadis PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni menyatakan pihaknya bekerja keras memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi peserta KPN 2018 melalui perbaikan dan pembangunan jalan (Nana)

"Tentunya menjadi penting selain jalan yang nyaman juga adanya rambu. Karena yang datang bukan dari dalam daerah saja. Tapi dari seluruh Indonesia yang tentunya tidak terlalu mengetahui lokasi serta kondisi yang ada," imbuh mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang.

Dikesempatan berbeda, Kepala Dishub Kabupaten Malang Ek Hafi Lutfi menyampaikan, pihaknya memang telah mempersiapkan berbagai hal bagi lancaranya kegiatan kepramukaan skala nasional di Desa Pramuka Lebakharjo. Tentunya, dalam konteks arus atau akses lalulintas para peserta yang akan hadir ke lokasi kegiatan, yaitu rambu lalulintas.

"Kita pasang sekitar 150 rambu petunjuk jalan, baik ke lokasi maupun ke beberapa titik wisata yang ada di Ampelgading. Ini dalam upaya memberikan kemudahan rute jalan peserta," ujar Hafi.

Selain pemasangan rambu-rambu jalan, Hafi juga mengatakan, pihaknya juga mempersiapkan jalur pengamanan di Sonowangi sampai ke bumi perkemahan serta jalan keluar dari Ampelgading. Berbagai persiapan tersebut dikarenakan medan yang cukup menantang. Apalagi yang akan datang ke Ampelgading nantinya berjumlah ribuan orang dari berbagai daerah.

Untuk meminimalisir kecelakaan, Dishub Kabupaten Malang juga mengimbau bagi para peserta yang akan menyewa kendaraan untuk memastikan bahwa sopirnya memahami medan yang akan dilewatinya.

"Selain tentunya juga memastikan kendaraannya layak jalan. Ini semua untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan nantinya," pungkas Hafi.

End of content

No more pages to load