Kota Malang Akan Punya Tol Membelah Kota, Seperti Apa?

Plt Wali Kota Malang Drs Sutiaji (kanan)  usai memberi sambutan sosialisasi pajak hotel. (Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)
Plt Wali Kota Malang Drs Sutiaji (kanan) usai memberi sambutan sosialisasi pajak hotel. (Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kemacetan Kota Malang sudah menjadi permasalahan menahun yang tak kunjung menemukan solusi. Baeu-baru ini Plt Wali Kota Malang Drs Sutiaji mewacanakan pembangunan tol tengah kota. Hal tersebut disampaikan usai memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi pajak hotel di Ruang Sidang Balai Kota, Jumat (1/8).

"Itu tidak asal ngomong. Tol tengah kota berdasarkan kajian para ahli transportasi sudah dibutuhkan Kota Malang," ungkap Sutiaji.

Dia menjelaskan bahwa saat ini dirinya masih dalam tahap penyusunan rencana dan akan dimasukkan dalam Prolegda. Lebih lanjut, Sutiaji menjelaskan konsep tol tengah kota yang diimpikannya, nantinya akan menyerupai Light Rapid Transit (LRT) yang membentang di tengah kota.

"Seperti LRT gitu lho, atas pakai jembatan di bawah masih tetap dipakai. Jadi kalau mau ke Batu tidak perlu lagi kena macet di Panjaitan atau MT Haryono," jelasnya.

Rencananya Sutiaji akan membawa wacana ini pada pertemuan yang akan dilakukannya bersama dua kepala daerah lain di Malang Raya pada 24 Agustus mendatang.

Dia juga mengatakan bahwa pembangunan tol tengah kota ini rencananya akan dilakukan oleh investor. Dia berharap pembangunan tersebut dapat terealisasi dalam beberapa tahun ke depan. "Masih akan kita bicarakan dengan kepala daerah lainnya, nanti kita kaji dulu RT RW-nya," pungkasnya sambil berlalu. 

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top