Pleats Hijab, Kerudung Plisket yang Bakal Hits

Pleats hijab, hijab dengan teknik kain dilipat atau disebut juga plisket (foto via Instagram Mycca Indonesia)
Pleats hijab, hijab dengan teknik kain dilipat atau disebut juga plisket (foto via Instagram Mycca Indonesia)

MALANGTIMES - Barangkali pembaca mendengar istilah pleats pada model busana rok. Tetapi bahan pleats nyatanya bisa diaplikasikan pada hijab lho. Pleats adalah teknik melipat kain. Kalau orang Indonesia biasa juga mengenalnya dengan istilah plisket. 

Tetapi dari sejarahnya, pleats sudah ada sejak zaman Mesir Kuno ribuan tahun lalu. Zaman dulu, bahan untuk membuat pleats paling banyak adalah katun, sutra, dan wol. Kelebihan bahan pleats adalah memberikan ilusi pada mata sehingga membuat lebih ramping.

Kali ini pleats diaplikasikan pada hijab. Pada kerudung, pleats didesain dengan ukuran standar yakni 110 x 110 sentimeter. Bahan pleats memiliki beberapa kelebihan pada hijab yakni tipis namun tidak menerawang, lembut, dan sangat mudah dibentuk. Akan tetapi bahan ini ketiga dibentuk menjadi model kerudung segitiga tidak akan simetris.

Selain dibentuk segiempat, pleats hijab juga tampil dalam model pashmina standar yang berukuran 180 x 90 sentimeter. Tren memakai hijab pleats sebenarnya bukanlah hal baru terutama bagi muslimah di negara-negara Arab. Paling banyak adalah model pashmina karena dapat lebih dikreasikan ketimbang model hijab segiempat.

Di Indonesia, produsen hijab pleats salah satunya Mycca Indonesia. Label ini mengeluarkan beragam warna pleats hijab. Diantara warna itu adalah hitam, coklat, merah muda, dan ungu. Pleats hijab ini dibuat handmade. Sayang tidak disebutkan berapa harga pleats hijab. (*)

Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top