Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Prodi Biologi FMIPA Unisma Kunjungi Ponpes Al-Rifa'ie Malang, Lakukan Pengabdian dan Promosi 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

09 - Dec - 2023, 19:50

Dosen FMIPA Unisma saat memberikan pemaparan materi di Ponpes Al Rifa'ie dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan promosi FMIPA Unisma (ist)
Dosen FMIPA Unisma saat memberikan pemaparan materi di Ponpes Al Rifa'ie dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan promosi FMIPA Unisma (ist)

JATIMTIMES - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Islam Malang (Unisma) mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Rifa'ie Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (9/12/2023). Kunjungan ini menjadi bagian dari pengalaman Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus menjadi momen untuk melakukan branding atau promosi Fakultas MIPA Unisma.

Faisal SSi MKes selaku Ketua Tim Publikasi Fakultas MIPA periode 2003/2004 ini menyampaikan, dalam kunjungan yang dihadiri oleh dosen Fakultas MIPA ini dikenalkan tentang gambaran detail Fakultas MIPA, khususnya Prodi Biologi serta berbagai macam kegiatan pengabdian yang telah dilakukan.

Baca Juga : Kuatkan OPOP Jatim, Gubernur Khofifah Resmikan Pabrik Kapiten di Ponpes An-Nur 2 Malang

Menurutnya, sebagai akademisi tidak hanya berkewajiban untuk memberikan pembelajaran atau pendidikan kepada para mahasiswa saja, tetapi juga mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengabdian guna membawa kebermanfaatan untuk masyarakat.

 "Kami berkomitmen untuk tidak hanya memberikan edukasi akademis, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya kepada para santri," katanya.

Karena itu, tim publikasi sudah menyusun berbagai langkah strategis dan juga agenda promosi yang juga diselipkan melalui kunjungan yang terjadwal ke sekolah-sekolah dan pondok pesantren. Untuk semakin memasifkan branding Fakultas MIPA Unisma, agenda kunjungan pun dijadwalkan rutin dilakukan setiap bulan.

"Semua civitas akademika FMIPA akan kita libatkan, serta para dosen-dosennya sebagai narasumber secara bergiliran," ungkapnya.

Dalam kunjungan pengabdian dan promosi ini,  terdapat beberapa sesi kegiatan. Terdapat sesi diskusi, penyampaian materi Santripreneur dan juga sanitasi Ponpes untuk siswa dan guru-guru pesantren. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat lebih mengenal dan tertarik dengan program studi yang kami tawarkan," tambah Ir Saimulaili MSi, Dosen Fakultas MIPA Unisma.

Di sisi pengabdian masyarakat tentunya tak dilakukan sekedarnya saja, namun dilakukan dengan fokus dan serius. Di situ juga diberikan berbagai materi pelatihan yang menyesuaikan dengan perkembangan era kini.

Baca Juga : Kuatkan Ketahanan Pangan, Greenhouse Baru Skala Besar akan Dibangun 2024

"Kami memberikan pelatihan dalam bidang sains, teknologi, dan lingkungan," tambah Ir Ahmad Syauqi MSi salah satu dosen yang juga terlibat dalam kegiatan pengabdian.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Rifa'ie 2 Gondang Legi, Dr KH A Muflih Zamachsyari SE MM menyambut baik kegiatan ini. Pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif Unisma sebagai Kampus Nahdlatul Ulama (NU) dalam upaya memberikan sesuatu hal yang bermanfaat bagi para snatri maupun pondok pesantren. Kedatangan Fakultas MIPA Unisma ini juga menjadi wujud kongkret dalam upaya menjalin silaturahmi dan sinergitas dengan pondok-pondok pesantren yang ada.

"Kami berterima kasih atas inisiatif Fakultas MIPA Unisma yang membawa manfaat langsung bagi santri dan para guru kami" ucapnya.

Karena itu, diharapkan kunjungan ini tidak hanya berlangsung sekali saja, namun dapat berlanjut berkelanjutan dalam  upaya pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Agenda kunjungan pengabdian dan branding Fakultas MIPA Unisma sendiri, dilakukan dilakukan dibeberapa lokasi sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie, yakni diawali di SMA Al-Rifa'ie 1, dilanjutkan di SMA Al-Rifa'ie 3, serta terakhir di SMA Al-Rifa'ie 2. 


Topik

Pendidikan unisma fakultas mipa unisma ponpes al rifaie


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana