Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Batu Shining Orchid Week 2023 Berakhir, Jumlah Transaksi Tembus Rp 1,6 Miliar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

09 - Dec - 2023, 19:34

Pengunjung saat melihat anggrek di stand Batu Shining Orchid Week 2023. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung saat melihat anggrek di stand Batu Shining Orchid Week 2023. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sembilan hari sudah Batu Shining Orchid Week 2023 sukses mencuri perhatian para pecinta anggrek di Balai Kota Among Tani, Kota Batu 1-9 Desember 2023. Dalam kurun waktu tersebut jumlah traksaksi tembus Rp 1,6 miliar.

Meski cukup terbilang fantastis, jumlah tersebut menurun jika dibandingkan pada gelaran Batu Shining Orchid Week 2022 lalu. Tahun 2022 silam transaksi perputatan mencapai Rp 5 miliar.

Baca Juga : Perolehan Suara Calon Ketua Imbang, Musorkab Koni Banyuwangi Ditunda

“Karena kalau tahun ini skalanya nasional, beda dengan tahun 2022 internasional,” ucap Ketua Pelaksana Batu Shinning Orchid Week 2023, Dedit Setia Sandi Ardi, Sabtu (9/12/2023).

Kemudian peserta stand  jumlahnya juga berkurang. Jika di tahun sebelumnya mencapai ratusan, kini berkurang menjadi 72 stand. Sebab panitia melakukan seleksi. “Kalau tahun kemarin ada banyak, tahun sekarang kami kurangi, karena diseleksi. Kami mencari yang terbaik,” imbuh Dedit.

Di setiap stand pameran anggrek, seharinya rata-rata hasil transaksi perputaran uang antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. “Ini, tentunya belum transaksi di anggrek koleksi,” terang pria asal Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini.

Dalam pameran ini ada beragam jenis anggrek yang disuguhkan. Mulai dari Dendrobium, Cattleya, Vanda, Phalaenopsis, Paphiopedilum, Oncidium, dan Grammatophyllum.

“Harga dibanderol mulai dari puluhan ribu sampai puluhan juta,” tambah Dedit. 

Baca Juga : Taklukkan SMPN 1 di Final, SMPN 1 Situbondo Sabet Juara 1 Liga Pelajar Bupati Cup IV 2023

Pengunjung yang datang pun dari berbagai daerah tak hanya dari Malang Raya. Selain itu dari beragam spesies anggrek yang hadir, ada satu jenis yang memikat mata dengan harga fantastis yakni bulbpophilum phalenopsis.

Spesies tersebut berasal dari papua dari daunnya mencapai panjang lebih dari 1 meter menjadi yang paling mentereng di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Spesies ini jadi yang termahal di pada event tahunan tersebut. Kemudian ada juga lanscape anggrek, hingga pameran anggrek koleksi yang bikin geleng kepala karena keindahannya.

Menurut Dedit pameran berskala nasional ini membangkitkan gairah budidaya Anggrek di Jawa Timur dan Indonesia. Termasuk membuka potensi pengembangan pasar Anggrek di era digital. Sekaligus untuk mengenalkan Kota Batu selain kota wisata juga dikenal dengan wisata bunganya.


Topik

Ekonomi batu shining orchid week budidaya anggrek anggrek kota batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana