Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Selebriti

Butet Kartaredjasa Ngaku WA-nya Dilumpuhkan Usai Dugaan Intimidasi Pentas Indonesia Kita

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Dec - 2023, 11:15

Penutupan pementasan Indonesia Kita. (Foto: Instagram @agusnoor_)
Penutupan pementasan Indonesia Kita. (Foto: Instagram @agusnoor_)

JATIMTIMES - Dugaan intimidasi yang dialami dalam pementasan Butet Kartaredjasa dan Agus Noor masih menjadi sorotan publik. Pada Sabtu (9/12/2023), Butet mengaku jika handphone dan WhatsApp pribadinya tengah diretas. 

Dalam unggahan melalui akun Instagramnya @masbutet, Butet Kartaredjasa mengaku jika akses komunikasi kepadanya sedang dilumpuhkan sejak Sabtu (9/12/2023) pagi. Sehingga siapa saja tak ada yang bisa menghubungi Butet. 

Baca Juga : Diduga Gelapkan Dana Rp 97,8 Miliar, Ketua Umum PELTI Sulut Dipolisikan 

Dia pun mempersilakan rekan atau pihak yang ingin berkomunikasi dengannya agar menghubungi melalui nomor telepon rumah atau nomor istrinya. 

"HP/WA DILUMPUHKAN. Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sdg dilumpuhkan. Silakan yg mau kontak ke nomer rumah atau nomer bojo," tulis @masbutet, dilihat Sabtu (9/12/2023). 

Tulisan Butet Kartaredjasa yang mengaku WhatsApp tengah diretas. (Foto: Instagram @masbutet)

Tulisan Butet Kartaredjasa yang mengaku WhatsApp tengah diretas. (Foto: Instagram @masbutet)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, gelaran pertunjukan seni Indonesia Kita yang melibatkan Butet, Cak Lontong, dan Inayah Wahid di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada 1 dan 2 Desember 2023 diduga diintimidasi.

Sore hari sebelum acara berlangsung, sejumlah petugas polisi tiba-tiba datang dan meminta penyelenggara membuat surat pernyataan agar tidak menampilkan pertunjukan dengan unsur politik.

Butet menandatangani surat tersebut melalui staf karena dia sedang berada di Yogyakarta. Selain berisi pernyataan tidak menyinggung materi berbau politik, surat tersebut juga mencantumkan komitmen penanggung jawab teater tidak melakukan dan menyebarkan bahan kampanye pemilihan umum (pemilu).

Tak hanya itu, dalam surat itu, penanggung jawab juga diminta untuk tidak memakai atribut partai politik (parpol), pasangan calon presiden (capres), dan calon wakil presiden (cawapres), serta kegiatan politik lainnya.

Setelah menandatangani surat, panitia tetap menyelenggarakan pertunjukan teater selama 150 menit. Dalam balutan setelan batik dan celana berwarna coklat, Butet membuka sekaligus menyapa penonton teater.

Dalam momen itu, Butet memberikan salam kepada semua kontestan Pemilu 2024. Dia juga menyinggung pernyataan tertulis yang dibuat sebelum pementasan digelar dan ditujukan kepada polisi untuk tidak membahas materi politik dalam pertunjukan itu. 

“Selamat datang Orde Baru,” sindirnya.

Baca Juga : Lagi, Kasus Bullying di SD Sukabumi: Lengan Patah, Sekolah Malah Sibuk Berkilah

Sebagai informasi, teater yang digelar Indonesia Kita memang rutin menggelar pertunjukan. Pentas ke-41 kali ini mengusung tema konflik politik yang terjadi di antara dua kubu yang sebelumnya bersahabat.

Pertunjukan tersebut menampilkan suasana kehidupan di sebuah perkampungan yang awalnya tenang, tetapi menjadi penuh ketegangan akibat perbedaan pilihan politik. Selanjutnya muncul banyak kejadian, seperti isu hantu dan beberapa warga yang menghilang lantaran diculik.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengklaim jika kepolisian selalu melakukan pengamanan dalam setiap acara pentas budaya di Taman Ismail Marzuki (TIM), termasuk acara yang melibatkan capres-cawapres di TIM. 

“Kegiatan-kegiatan masyarakat di wilayah Jakpus, baik itu berupa seni budaya dan sebagainya, tentunya kami harus menjamin bahwa kegiatan tersebut berlangsung dengan aman,” kata Susatyo.

Pihaknya juga menegaskan polisi tidak pernah campur tangan terhadap aktor maupun materi acara yang akan dipentaskan. Personel yang dikerahkan diklaim hanya untuk pengamanan, berkoordinasi dengan penyelenggara acara terkait izin. Termasuk dengan satpam terkait pengamanan, dan pengaturan lalu lintas jika diperlukan.


Topik

Selebriti Indonesia Kita Butet Kartaredjasa Agus Noor intimidasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri