Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Ingin Cemari Sungai, Pemkot Batu Kelola Kolam Lindi TPA Tlekung

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Aug - 2018, 08:42

Kolam lindi yang terdapat di bawah tumpukan sampah di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Kolam lindi yang terdapat di bawah tumpukan sampah di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Hingga saat ini, kolam lindi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, hanyalah sekadar kolam. Tidak ingin tinggal diam, rencananya kolam lindi ini bakal dimaksimalkan fungsinya oleh Pemkot Batu.

Kolam lindi itu cairan yang merembes dari tumpukan sampah melalui pelarutan dan pembusukan materi oleh aktivitas mikroba setelah terkena air, termasuk air hujan, yang masuk ke dalam tumpukan sampah tersebut. 

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Rencananya kolam lindi tersebut bakal diolah. Atau, bakal dibuat lokasi pengolahan air limbah dari sampah. “Di TPA ini sudah ada kolam lindi dan sumur pantau yang memantau cairan yang keluar dari sampah. Namun belum ada tindak lanjut pengolahannya,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Batu Arief As Siddiq.

Ia menambahkan, pengolahan kolam lindi ini diperlukan agar tidak membahayakan saat disalurkan ke sungai. Jadi, kolam lindi tersebut nantinya akan dinetralkan melalui pengolahan. “Kalau mencemari sungai, bisa membahayakan karena cairan lindi ini mengandung zat-zat yang dapat membantu pertumbuhan bakteri,” kata Arief. 

Di TPA Tlekung, terdapat satu area khusus untuk kolam lindi. Areanya tepat berada di bawah tumpukan sampah. 

Di sana terdapat dua kolam lindi yang ukurannya cukup besar. Terlihat juga warna cairan tersebut sangat hitam tetapi tidak memiliki bau yang menyengat. (*)

 


Topik

Peristiwa Pemkot-Batu Kolam-Lindi TPA-Tlekung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni