Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Banjir Bandang Terjang Kota Batu, Diduga Berasal dari Luapan Kali Paron

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

08 - Dec - 2023, 16:28

Tampak aliran deras banjir bandang di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: X/@infobatusam)
Tampak aliran deras banjir bandang di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: X/@infobatusam)

JATIMTIMES - Banjir bandang menerjang Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu akibat hujan lebat yang terjadi pada Jumat (8/12/2023) sekira pukul 14.00 WIB. 

Dalam video yang dibagikan akun X (Twitter) @infobatusam sekira pukul 15.01 WIB, tampak air diduga luapan dari Kali Paron telah memenuhi sungai di kawasan Dusun Beru. Karena sungai tak mampu membendung air, sehingga tampak banjir meluber ke area jalanan di salah satu dusun Kecamatan Bumiaji tersebut. 

Baca Juga : Kronologi Bullying Fatir, Bocah SD yang Diamputasi hingga Meninggal Dunia

Selain itu, tampak banjir bukan lagi berwarna kecokelatan namum berwarna hitam, seperti terkena lumpur. 

Tampak juga beberapa mobil terkena arus banjir yang cukup deras. Meski begitu dalam video tak terlihat ada mobil yang terbawa arus banjir. 

"Kejadian banjir yang di informasikan terjadi di Dusun Bura, Bumiaji. Kota Batu yang diduga akibat Luapan dari Kali Paron setelah hujan lebat terjadi hari ini Jum'at 08/12/2023 sekitar Pukul 14:XX," tulis unggahan akun tersebut. 

Saat ini BPBD Kota Batu dan beberapa relawan telah melakukan pemantauan ke Dusun Beru. 

Hingga pukul 15.35 WIB, terlihat jalanan pertigaan Bendo arah Karangploso atau sebaliknya licin karena terdampak lumpur. Oleh karena, pengendara diharapkan hati-hati jika melintas di kawasan itu. 

Baca Juga : Pasca Normalisasi, Kali Paron Meluap Banjiri Pemukiman di Desa Bumiaji Kota Batu

"15.35 : Kanit Turjawali Polres Batu - Ipda Huda menginformasikan, untuk pertigaan Bendo yang arah Karangploso atau sebaliknya terimbas adanya lumpur, saat ini masih dalam proses pembersihan. Yang mau mengarah ke Kota Batu disarankan lewat jalur utama Pendem," tulis laporan @cityguide911fm. 

Hingga berita ini diturunkan media ini masih mencoba mengonfirmasi ke BPBD Batu dan pihak yang bersangkutan atas terjadinya banjir bandang di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tersebut. 


Topik

Peristiwa Banjir bandang banjir kota batu BPBD kota batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya