Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Produser Sapa Indonesia Kompas TV Bagikan Kunci Sukses Penulisan Berita TV di Unisba Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

08 - Dec - 2023, 14:40

Ervan Wahyudi saat menjadi narasumber kuliah tamu di kampus Unisba Blitar
Ervan Wahyudi saat menjadi narasumber kuliah tamu di kampus Unisba Blitar

JATIMTIMES - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar (Unisba Blitar) menggelar kuliah tamu yang memukau dengan mengundang Ervan Wahzudin, M.I.Kom, produser Sapa Indonesia Kompas TV, sebagai narasumber, Rabu (29/11/2023). Dalam sesi yang berlangsung di Aula Majapahit, Ervan memberikan wawasan yang berharga kepada sekitar 50 mahasiswa dari semester 1 sampai 5 dengan topik utama "Produksi dan Penulisan Berita TV".

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unisba Blitar, Yefi Dyan Nofa Harumike, menekankan pentingnya acara tersebut dalam memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang media massa. Lebih dari sekadar konsep teori dari mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalitik dan Penulisan Jurnalistik, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang praktek kerja jurnalis di lapangan.

Baca Juga : Wakapolres Blitar Kota Gelar Jumat Curhat dengan Warga Udanawu

“Acara kuliah tamu dengan Ervan Wahzudin sebagai narasumber mengenai 'Produksi dan Penulisan Berita TV' menjadi salah satu upaya kami untuk memberikan wawasan praktis yang mendalam sekaligus mempertajam pemahaman konsep teori dalam jurnalisme kepada mahasiswa kami,” kata Yefi.

Yefi berharap dengan kegiatan kuliah tamu ini mahasiswa akan dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi jurnalis yang tangguh dan dapat diandalkan dalam menyajikan informasi yang akurat dan bermutu kepada masyarakat.

“Kami akan terus mendorong dan mendukung upaya mahasiswa dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka di bidang jurnalisme dan komunikasi,” imbuhnya.

Ervan Wahzudin menggarisbawahi bahwa jurnalis bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang didasarkan pada fakta. "Saat menjadi jurnalis, sangat penting untuk tidak menyampaikan informasi yang tidak benar, ambigu, atau tidak jelas. Kredibilitas informasi adalah kunci," ungkapnya.

Ia juga menyoroti peran media sosial dalam menyediakan beragam informasi, memperingatkan pentingnya jurnalis untuk memastikan kebenaran dari setiap informasi yang mereka terima sebelum disampaikan kepada publik. Ervan mengilustrasikan pendekatan praktisnya, di mana saat meragukan suatu informasi, dia akan mengonfirmasinya melalui wartawan di lapangan sebelum memprosesnya menjadi berita televisi yang dapat dipercaya.

Baca Juga : Ziarah SBY ke Makam Bung Karno : Penghormatan Kepada Proklamator RI, Bukan Ajang Politik

Ervan menegaskan bahwa sebelum berita disiarkan, setiap konten harus melewati kendali kualitas dari seorang produser. "Sebagai produser, saya melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa berita yang disajikan layak ditayangkan ke publik," jelasnya.

Dalam durasi dua jam, Ervan memberikan pemaparan yang informatif. Pada akhir sesi, ia mendorong seluruh mahasiswa untuk praktek menulis berita televisi. Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan teori sekaligus pengalaman praktis bagi mereka yang ingin meniti karier di dunia jurnalistik.

 


Topik

Pendidikan unisba blitar Yefi Dyan Nofa Harumike ervan wahzudin mahasiswa unisba


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya