Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Gelar 2 International Conference, Unisma Terus Kuatkan Reputasi Internasionalisasi Kampus 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

07 - Dec - 2023, 17:54

Dua kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan Unisma 2 hari berturut-turut. (ist)
Dua kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan Unisma 2 hari berturut-turut. (ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) terus menguatkan reputasi internasionalnya. Upaya ini salah satunya dilakukan dengan menggelar dua seminar internasional, yakni The 2nd International Conference on Science, Technology, and Engineering for Sustainable Development yang dilaksanakan 6 Desember 2023 dan The Third International Conference on Multidisciplinary Sciencesfor Humanity 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menjelaskan bahwa international conference ini diikuti oleh peneliti atau akademisi dari perguruan tinggi nasional maupun internasional. Mereka berasal dari beberapa negara, seperti Australia , Turki, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Malaysia. 

1

"Semuanya bagian dari atmosfer yang telah diciptakan Unisma untuk internasionalisasi. Dan dengan international conference ini, para dosen akan memiliki wawasan yang lebih luas, terutama setelah mengikuti paparan, baik riset maupun jurnal dari para peneliti itu," katanya.

Baca Juga : Jarang Orang Tahu, Berikut 3 Cara Convert Pulsa jadi Uang

Di sisi lain, Maskuri menjelaskan bahwa yang juga ingin dicapai adalah munculnya jurnal internasional dan prosiding internasional. Lebih dari itu, hal ini menjadi bagian ciri khas dalam sebuah international conference, yakni terdapat karya dalam bentuk karya ilmiah. 

2

"Yang jelas seluruh peserta kita masukkan semua di dalam prosiding, dan yang jurnal internasional itu nanti masih melalui satu proses. Tapi yang untuk eksakta 100 persen akan kami masukkan ke jurnal internasional," ungkapnya.

Wakil Rektor 1 Unisma Prof Junaidi Mistar PhD menambahkan, dalam seminar internasional ini, para akademisi mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran.

4

"Selama dua hari, narasumber berasal dari perguruan tinggi-perguruan tinggi luar negeri yang sudah memiliki MoU dengan Unisma. Mulai dari Turki, Uzbekistan, Azerbaijan, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Thailand, Malaysia dan Australia," paparnya.

Baca Juga : Tim KKN-T Unikama Sukses Menggelar Program PLP di SMP Negeri 2 Wagir

Senada dengan rektor, Junaidi berharap, dari kegiatan ini. terkumpul paparan yang nantinya dipublikasikan pada prosiding bereputasi. Apalagi,  kinerja perguruan tinggi sering diukur dari publikasi internasional, baik jurnal maupun prosiding yang bereputasi.

3

"Harapannya ada output yang berkontribusi pada peningkatan perangkingan Unisma, baik di tingkat nasional maupun global, sehubungan dengan peningkatan produktivitas, publisitas ilimiahnya, sekaligus rangking internasional Unisma," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Unisma seminar internasional internasionalisasi kampus


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy